Jumat, 13 Februari 2015

Kades Respon Positif Posko Pengaduan

Hallo sobat blogger semua !, pastinya dalam kondisi yang sehat wal'afiat bukan sobat semua ? Amiin. Kita akan mencoba mengangkat bahasan tentang Kades Respon Positif Posko Pengaduan."
KM Wadupa�a: Pembukaan nomor posko pengaduan oleh komunitas kampung media Wadupa�a direspon positif Pemerintah Desa Bajo. Pemerintah siap terbuka dalam mengelolah program atau anggaran publik. Pembukaan posko pengaduan merupakan inisiatif dan tindaklanjut setelah KM Wadupa�a mengikuti pelatihan �peningkatan kapasitas jurnalis dalam pemberitaan isu anggaran yang ramah pembaca di hotel Marina, belum lama ini.

Respon positif diungkapkan Kepala Desa Bajo, Asraman MR saat kru kampung media Wadupa�a membuka nomor posko pengaduan terkait pengelolaan anggaran dan program yang ditempel di kantor desa setempat. �Itu sudah kewajiban pemerintah sesuai ketentuan Undang-Undang, tidak ada yang perlu disembunyikan karena warga berhak tahu tentang semua informasi baik dari pusat, Pemda maupun pemerintah desa,� katanya saat penempelan poster dan nomor posko pengaduan anggaran dan program pembangunan oleh KM Wadupa�a di kantor desa Bajo, kemarin.

Diisyaratkannya, Pemerintah Desa Bajo siap bersinergi mendukung implementasi Undang-Undang KIP hingga tingkat bawah. �Pemerintah akan menginformasikan setiap program termasuk bantuan-bantuan yang masuk ke desa agar potensi penyelewangan bias diminimalisasi. �Insya Allah menyangkut pembangunan, program� dan bantuan-bantuan yang masuk ke desa kami sampaikan kepada masyarakat,� katanya.

Koordinator Liputan KM Wadupa�a, Jufrin, S.Pd, pemerintah desa benar-benar konsisten terhadap janji mengimplementasikan Undang-Undang KIP. Sebab selama ini banyak pertanyaan warga desa setempat yang belum terjawab. Contohnya, penggunaan anggaran pagar kantor desa yang belum jelas juntrungnya serta program lainnya. �Kami berharap pemerintah desa benar-benar konsisten transparan terhadap setiap pengelolaan program atau anggaran. Jangan sampai di kemudian hari muncul persoalan yang besar. Untuk saat ini kami mengapresiasi bapak Kepala Desa Bajo yang mendukung program kami membuka posko pengaduan dan mengijinkan penempelan poster program bidang kesehatan,� katanya.

Contributor/penulis KM Wadupa�a Abdul Hamid, menjelaskan, pembukaan nomor posko pengaduan didasari tujuan komunitas yang mendorong pemerintah yang transparan dan akuntabel. Salahsatu misi kampung media adalah menyampaikan informasi satu kalimat serta menyampaikan kebaikan meski satu kalimat. �Ini merupakan ihtiar kami berbuat untuk masyarakat, kalau anggaran tepat sasaran atau tujuan yang ditetapkan dalam perencanaan maka outputnya lebih jelas dan terarah untuk masyarakat. Kami juga mencoba menyampaikan pemahaman tentang siklus pengelolaan anggaran, sesuai tindaklanjut pelatihan yang kami ikuti beberapa waktu lalu,� katanya.

Diakuinya, sejak dibuka sudah ada beberapa elemen masyarakat yang memanfaatkan untuk menanyakan tentang pengelolaan program (proyek). Contohnya, tentang kelanjutan proyek penataan lapangan sepak bola Nanga Lere yang tidak jelas kelanjutannya. �Ada beberapa teman-teman mahasiswa yang mengetahui kami membuka posko pengaduan program atau pengelolaan anggaran langsung mendatangi kami menanyakan Satker yang menangani proyek. Kami jelaskan terbagai hal, termasuk langkah yang tepat menanyakan program atau proyek pembangunan. Kami sarankan agar mengajukan permohonan informasi publik ke Satker terkait seperti DPU,� katanya. (NV/FS)

"
Source : http://wadupaasoromandi.blogspot.com/2013/11/kades-respon-positif-posko-pengaduan.html

         Akhirnya tiada kata yang paling indah kecuali puji syukur alhamdulillah pada Allah atas berjuta nikmat yang tercurah pada kami. Semoga dengan kupasan tentang bahasan ini bisa memberikan nilai dan kesungguhan dalam belajar. Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan mengenai Kades Respon Positif Posko Pengaduan, ada kurang lebihnya serta kesalahan ucap baik yang saya sengaja atau tidak, saya mohon maaf.



Video yang berkaitan dengan Kades Respon Positif Posko Pengaduan


0 comments:

Posting Komentar