Minggu, 06 Desember 2015

BUDAYA MUNA VS BUDAYA GORONTALO



 BUDAYA MUNA
?Adat kariya (Pingitan) sebagai tutura masyarakat Muna
Nilai-nilai budaya suatu bangsa merupakan khasanah kekayaan bangsa atau daerah. Indonesia sebagai bangsa besar yang memiliki potensi keanekaragaman budaya. Perbedaan ini bukan sebagai alasan untuk perpecahan, tetapi sebaliknya perbedaan itu menjadi perekat bagi komunitas masyarakat yang berbeda.
Keutuhan budaya suatu bangsa atau suatu daerah tergantung pada kemampuan masyarakat untuk mempertahankan dan melestarikannya. Ditinjau dari aspek potensi budaya bisa dapat bertahan dan berkembang ditentukan oleh kekenyalan nilai-nilai budaya tersebut.
Proses terpenting dari perkembangan budaya dalam dengan dunia pendidikan bahwa lembaga pendidikan baik sebagai sarana transformasi ilmu maupun sebagai penyelenggara pendidikan memiliki tanggung jawab yang luas dan komprehensif. Tangtu tidak semugung jawab itu tidak semudah membalikkan telapak tangan tetapi memerlukan proses panjang, mulai dari pengenalan, pemahaman, pengembangan sampai pada proses pewarisnya.
Budaya muna sebagai obyek yang dibahas menjadi lemah apabila proses pewarisnya hanya dilakukan melalui penuturan cerita, pendengaran dan pandangan mata. Gagasan penulisan budaya kiranya merupakan langkah positif yang harus tetap berlanjut sehingga ketika berbicara budaya muna tidak hanya sebatas cerita tetapi dapat dibaca dalam dokumen.
Cirri khas budaya lokal yang bersifat kedaerahan memiliki keunikan-keunikan khusus yang mencerminkan karakteristik masyarakat penduduknya. Keunikan itu dapat dianalisa dalam berbagai sudut pandang yang berbeda-beda dan sangat tergantung pada obyek sudut pandang masing-masing. Upacara adat kariya (pingitan) misalnya, tidak hanya terbatas pada proses dan konsep urutan-urutan pelaksanaannya tetapi dalam memahami upacara adat tersebut kariya (pingitan) harus mendalami pemaknaan setiap sesi kegiatan dan symbol berdasarkan pendekatan filosofi, agama, kemasyarakatan dan konsep adat secara harfiah. Salah satu upaya untuk mengantisipasi gejala degradasi nilai-nilai budaya adalah merekontruksi nilai-nilai budaya dalam bentuk tulisan untuk dipedomani generasi muda secara berkesinambungan. Realitas dari keprihatinan dan keberpihakandari segelintir masyarakat terhadap kelestarian nilai-nilai budaya adalah munculnya kiat untuk mendokumenkan dalam bentuk tulisan ?deskrepsi pelaksanaan upacara adat kariya? di Muna proses ini pun tidak menjadi jaminan untuk langgengnya suatu budaya, tapi hanya menjadai sebagian indikator, dan yang terpenting and alah sbb :
1.    Kesadaran pendukung kebudayaan tersebut yang memiliki kecenderungan dan proaktif terhadap pemeliharaan nillai-nilai budaya yang ada.
2.    Pengambil kebijakan khususnya yang berkompeten dalam bidang itu berupaya merekontruksi nilai-nilai budaya dalam bentuk aksi melalui festival, carnaval, dan ekspos budaya
3.    Tokoh-tokoh masyarakat yang senantiasa bersifat terbuka untuk member informasi demi kebutuhan penelitian dan ilmu pengetahuan.
4.    Kemauan dan kemampuan generasi muda untuk menggali informasi tentang filosofi budaya secara detail.
Warisan budaya masa lampau bukan sesuatu yang mutlak mempertahankan karena itu evaluasi dan kritik yang berpijak pada sistem berpikir rasional dan disesuaikan dengan kaida ilmiah. Dengan demikian, nilai-nilai budaya tradisional dapat dikaji dan berkembang untuk kepentingan ilmu pengetahuan.
Rekonstruksi kebudayaan masa lampau adalah merupakan tanggug jawab semua pihak. Lahirnya pemikiran untuk mendokumenkan upacara adat karya (pingitan) dalam sebuah tulisan adalah suatu gagasan yang harus dikembangkan dan dipertahankan untuk menjaga kelestarian nilai-nilai budaya.

?  Upacara Adat Karya Ditinjau Dari Filosofi Adat dan Agama 
Kariya adalah upacara adat bagi masyarakat muna yang pertama diadakan pada masa pemerintahan Raja La ode Husein yang bergelar omputo sangia terhadap putrinya yang bernama Wa ode Kamomo Kamba. Menurut kaida bahasa muna kariya berasal dari kata kari? yang artinya : (1) sikat atau pembersih; (2) penuh atau sesak misalnya mengisi sebuah keranjang dengan suatu benda atau barang sampai penuh sehingga dalam bahasa muna disebut nokari (sesak). Pemaknaan dari simbolis nokari atau penuh bahwa perempuan yang di kariya telah penuh pemahamannya terhadap materi yang disampaikan oleh pemangku adat atau tokoh agama, khususnya yang berkaitan dengan seluik beluk kehidupan ber rumah tangga. Sedangkan makna secara konkrit bahwa kata kariya (Muna) berarti rebut atau keributan adalah ramai atau keramaian. Dalam acara kariya dimana sang gadis (kalambe) selama empat hari empat malam ditempatkan dalam sebuah tempat tertutup (songi atau sua). Untuk menghilanhkan rasa steres para gadis (kalambe) dalam tempa tersebut maka diselingi dengan acara-acara lain yaitu : rambi wuna, rambi padangga (rambi bajo), mangaro yaitu acara sandiwara perkelahian. Selama para gadis (kalambe) dalam songi acara rambi wuna, rambi padangga, dan mangaro senantiasa didemonstrasikan oleh orang ?orang / golongan yang telah dilih dan ditetapkan secara adat.
Harfia dari kari (keributan atau keramaian) benar adanya, karena pandangan mata dan pendengaran selama proseksi pelaksanaan kariya 4 hari 4 malam senantiasa dirayakan dengan acara pukul gong (rambi) dan mangaro. Ini disimbolkan bahwa jenis rambi (pukul gong) seperti bersifat ajakan bagi setiap orang yang mendengarnya untuk hadir di tempat (lokasi) pelaksanaan upacara agar suasana senantiasa ramai dan semua orang ikut berkumpul yang kemudian ditetapkan secara adat untuk melakukan demonstrasi rambi (pukul gong) padangga adalah merupakan cirri khas yang dapat member isyarat kepada semua orang yang menyaksikan upacara tersebut sebagai suasana kekerabatan sehingga walaupun orang jauh dating beramai-ramai di tempat itu.
Proses ini dilakukan dengan harapan bahwa seorang wanita ketika telah diisyarati dengan ritual kariya maka dianggap lengkaplah proses pembersihan diri secara hakiki. Kepercayaan masyarakat muna bahwa upacara ritual kariya menjadi kewajiban bagi setiapa orang tua yang memiliki anak perempuan, karena itu proses pembersihan diri melalui ritual kariya menjadi tanggung jawab orang tua. Dalam kaitannya dengan konsepsi keagamaan bahwa kariya merupakan proses yang berkepanjangan yang diawali dengan kangkilo (sunat), katoba (pengislaman), hingga sampai pada pelaksanaan upacara kariya.

?Kariya Sebagai Tutura
Kata tutura dalam bahasa muna adalah derifasi morfem?tura? yang artinya awal, cerah, tetapi setelah mendapat prefiks tu artinya pengawalan, pencerahan. Tutura adalah rangkaian upacara ritual agar manusia mencapai insanu kamil. Ritual kariya menjadi simbol proses kejadian manusia dari setetes darah hingga menjadi manusia sempurna sedangkan tutura kariya pada awalnya dilaksanakan selama 40 hari. Dalam kaitan dengan kejadian manusia 9 bulan 10 hari berada dalam kandungan adalah merupakan pengejewantahan dari proses 7 tahapan dikalikan lamanya tutura kariya 40 hari hasilnya 280 hari dan kemudian dibagi 30 hari (1 bulan)  sama dengan 90 bulan 10 hari. Tetapi kemudian pelaksanaan tutura kariya hanya dilaksanakan 4 hari adalah sebagai kias dari 10 hari sedangkan 7 adalah tahapan- tahapan pelaksanaan kariya dari awal hingga selesai (Laode Sirat Imbo, Juni 2007).
Upacara kariya dianggap sebagai pengasah fitrah karena harapan dari proses pelaksanaan kariya adalah untuk mencapai kesucian kembali sebgaiman awalnya dilahirkan dimuka bumi. Oleh karena itu mengawali acara kariya peserta terlebih dahulu memandikan bertujuan untuk mencapai kesucian sehingga perangai diasah senantiasa cerah dan tetap terjaga fitrahnya.

?Kariya Sebagai Media Pendidikan
Berdasarkan teori media pendidikan ada dua metode yang dianggap efektif yaitu (1) character building (2) titilasi, mnelalui character building manusia digembleng watak dan mentalnya sehingga muncul rasa percaya diri yang kokoh, sedangkan melalui titilasi adalah pembinaaan minat agar bangkit gairah untuk mengetahui dirinya sendiri. Dalam kaitannya dengan kariya adalah proses pendidikasn pada kaum perempuan untuk dibina watak, karakter serta pemahaman akan dirinya. Implementasi character building dalam acara kariya atau pungitan dapat teramati pada proses, makan, minum dan jam tidur ditakar karena merupakan pembinaan hidup dalam kesederhanaan. Pada dasarnya indivudu perempuan terdapat potensi sifat loba, yaitu sifat umum perempuan yang harus dibina dan dikelola secara edukatif agar kelak menjadi keluarga sakinah, mawaddah, dan warahma. Sedangkan iringan tarian , nyanyian, pantun, dan gong adalah isyarat pembinaan gairah untuk melahirkan kepercayaan diri. Tutura kariya dikatakan sebagai proses pendidikan, karena dalam proses pelaksanaannya tidak hanya sekedar dipingit dalam tempat gelap (songi), tetapi didalam songi dilakukan proses pengisian dengan berbagai ilmu dan pengetahuan.
Pembinaan itu dilakukan oleh seseorang yang diutus oleh keluarga baik dalam dari kalangan tokoh adat maupun tokoh agama. Proses terpenting dalam pelaksanaan kariya adalah merupakan pembentukan diri untuk melawan musu yang terberat pada diri sendiri yaitu hawa nafsu.

?Kariya Selaku Proses Kelahiran Kembali
Sejarah pemikiran manusia adalah proses pengenalan diri sendiri beserta alam semesta, sehingga melahirkan berbagai kebudayaan dan peradaban. Dalam tutura kariya disebut ? kanghombo? ruang pingitan dalam bahasam muna disebut songi atau suo yaitu kamar dalam istana/ kamali. Tempat ini disimbolkan rahim (uterus ibu), oleh karena itu songi dikemas dengan kelambu, diberi langit-langit dan lantainya dilapisi dengan kain semua berwarna putih tanpa penerangan lampu.
Pangangan agama tentang proses kalahiran kembali, adalah perubahan pada setiap insan manusia yang telah melewati proses tertentu, misalnya dalam bulan suci ramadhan setelah melakukan puasa 1 bulan lamanya maka pada tanggal 1 syawal dinyatakan lahir kembali, karena mencapai peringkat fitra atau bagaikan bayi baru lahir. Kaitan dengan pelaksanaan tutura kariya / pinmgitan dianggap sebagai proses kelahiran kembali, karena setelah keluar dari songi dengan melewati proses pergantian 4 alamnya itunya alam arwah hingga pada alam isnani yang dikemas dengan berbagai pembinaan akhlah dan aqidah. Pada acara kabhalengka merupakan proses kelahiran kembali dari seorang perempuan yang telah disyarati dengan tutura kariya / pingitan.

?kariya sebagai upacara peresmian atau pelantikan
Upacara ritual kariya yang dikemas dalam bentuk simbolik proses kejadian manusia dari satu tahapan kehidupan ketahapan berikutnya, dikenal dengan kronologi insiasi. Upacara insiasi dalam kariya dinamai kalempagi dalam bahasa muna kata itu adalah derivasi dari morfem lempa yang artinya lawak atau lewat dibumbuhi prefiks?ka? dan sufiks? sehingga menjadi kalempagi yang artinya perlawatan atau perlewatan. Usia remaja adalah tahapan yang amat rentan terhadap pengaruh negaif baik lingkungan maupun pergaulan. Oleh sebab itu diusia remajalah upacara kariya dilaksanakan. Kalempagi, berarti pelewatan usia remaja dan perlawatan keusia dewasa (Laode Sirat Imbo, Juni 2007). Upacara kalempagi adalah peresmian (pelantikan) perlawatan itu ditandai dengan katandano wite atau penyentuhan tanah.
Indikator lain menguatkan bahwa kariya sebagai upacara peresmian atau pelantikan, ditandai dengan model pakaian yang dikenakan oleh peserta kariya. Pada bagian kepala disematkan panto (mahkota) bagaikan putri  ratu yang telah di lantik sebagai raja disebuah kerajaan. Oleh karena itu cirri khas pakaian perempuan yang dikariya menunjukkan cirri khas pakaian kebesaran sesuai dengan golongan sosialnya masing-masing, misalnya kaomu, walaka, dan maradhika.  

BUDAYA GORONTALO

? Pernikahan Adat Gorontalo

Pernikahan Adat Gorontalo ini perlu di lestarikan, karena mengandung nilai?nilai budaya yang tinggi. Adat Gorontalo ini semakin hari semakin terkontaminasi dengan perubahan zaman. Terlihat dimana?mana pernikahan di Gorontalo tanpa melewati lagi prosesi adat gorontalo. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya, banyak pemuda zaman sekarang yang enggan mempelajari adat pernikahan gorontalo. Sehingga warisan leluhur ini semakin terlupakan, karena tidak adanya regenerasi penerus Adati lo Hulondhalo.
Pernikahan Adat Gorontalo memiliki ciri khas tersendiri. Karena penduduk Provinsi Gorontalo memiliki penduduk yang hampir seluruhnya memeluk agama Islam, sudah tentu adat istiadatnya sangat menjunjung tinggi kaidah-kaidah Islam. Untuk itu ada semboyan yang selalu dipegang oleh masyarakat Gorontalo yaitu, ?Adati hula hula Sareati?Sareati hula hula to Kitabullah? yang artinya, Adat Bersendikan Syara, Syara Bersendikan Kitabullah. Pengaruh Islam menjadi hukum tidak tertulis di Gorontalo sehingga mengatur segala kehidupan masyarakatnya dengan bersendikan Islam. Termasuk adat pernikahan di Gorontalo yang sangat bernuansa Islami.
Prosesi pernikahan dilaksanakan menurut Upacara adat yang sesuai tahapan atau Lenggota Lo Nikah. Tahapan pertama disebut Mopoloduwo Rahasia, yaitu dimana orang tua dari pria mendatangi kediaman orang tua sang wanita untuk memperoleh restu pernikahan anak mereka. Apabila keduanya menyetujui, maka ditentukan waktu untuk melangsungkan peminangan atau Tolobalango.Tolobalango adalah peminangan secara resmi yang dihadiri oleh pemangku adat Pembesar Negeri dan keluarga melalui juru bicara pihak keluarga pria atau Lundthu Dulango Layio dan juru bicara utusan keluarga wanita atau Lundthu Dulango Walato, Penyampaian maksud peminangan dilantunkan melalui pantun-pantun yang indah. Dalam Peminangan Adat Gorontalo tidak menyebutkan biaya pernikahan (Tonelo) oleh pihak utusan keluarga calon pengantin pria, namun yang terpenting mengungkapkan Mahar atau Maharu dan penyampaian acara yang akan dilaksanakan selanjutnya.
Pada waktu yang telah disepakati dalam acara Tolobalango maka prosesi selanjutnya adalah mengantar harta atau antar mahar, didaerah gorontalo disebut Depito Dutu yang terdiri dari 1 paket mahar, sebuah paket lengkap kosmetik tradisional Gorontalo dan kosmetik modern, ditambah seperangkat busana pengantin wanita, serta bermacam buah-buahan dan bumbu dapur atau dilonggato.
Semua mahar ini dimuat dalam sebuah kendaraan yang didekorasi menyerupai perahu yang disebut Kola?Kola. Arak-arakan hantaran ini dibawa dari rumah Yiladiya (kediaman/ rumah raja) calon pengantin pria menuju rumah Yiladiya pengantin wanita diringi dengan gendering adat dan kelompok Tinilo diiringi tabuhan rebana melantunkan lagu tradisional Gorontalo yang sudah turun temurun, yang berisi sanjungan, himbauan dan doa keselamatan dalam hidup berumah tangga dunia dan akhirat.
Pada malam sehari sebelum Akad Nikah digelar serangkaian acara malam pertunangan atau Mopotilandahu . Acara ini diawali dengan Khatam Qur?an, proses in bermakna bahwa calon mempelai wanita telah menamatkan atau menyelesaikan mengajinya dengan membaca "Wadhuha" sampai Surat Lahab . Dilanjutkan dengan Molapi Saronde yaitu tarian yang dibawakan oleh calon mempelai pria dan ayah atau wali laki-laki. Tarian ini menggunakan sehelai selendang. Ayah dan calon mempelai pria secara bergantian menarikannya, sedangkan sang calon mempelai wanita memperhatikan dari kejauhan atau dari kamar.
Bagi calon mempelai pria ini merupakan sarana menengok atau mengintip calon istrinya, istilah daerah Gorontalo di sebut Molile Huali. Dengan tarian ini calon mempelai pria mecuri-curi pandang untuk melihat calonnya. Saronde dimulai dengan ditandai pemukulan rebana diiringi dengan lagu Tulunani yang disusun syair-syairnya dalam bahasa Arab yang juga merupakan lantunan doa-doa untuk keselamatan.
Lalu sang calon mempelai wanita ditemani pendamping menampilkan tarian tradisional Tidi Daa atau Tidi Loilodiya . Tarian ini menggambarkan keberanian dan keyakinan menghadapi badai yang akan terjadi kelak biila berumah tangga. Usai menarikan Tarian Tidi, calon mempelai wanita duduk kembali ke pelaminan dan calon mempelai pria dan rombongan pemangku adat beserta keluarga kembali ke rumahnya.
Keesokan harinya Pemangku Adat melaksanakan Akad Nikah, sebagai acara puncak dimana kedua mempelai akan disatukan dalan ikatan pernikahan yang sah menurut Syariat Islam. Dengan cara setengah berjongkok mempelai pria dan penghulu mengikrarkan Ijab Kabul dan mas kawin yang telah disepakati kedua belah pihak keluarga. Acara ini selanjutnya ditutup dengan doa sebagai tanda syukur atas kelancaran acara penikahan ini.







reff : http://jasmia21waode.blogspot.com/2013/03/budaya-muna-vs-budaya-gorontalo.html

Cokelat Mencegah Stroke, manfaat Coklat Bagi Tubuh Manusia

Ini adalah salah satu berita baik bagi kalian pengemar cokelat . Di karenakan cokelat mampu menurunkan resiko stroke .

Pernyataan ini di buktikan dengan di adakan nya sebuah penelitian oleh para Ilmuan terkait dengan cokelat dan stroke .

Dari 2 studi terhadap cokelat tersebut , ternyata di temukan 44.489 orang yang memakan 1 takar cokelat setiap minggu nya beresiko 22% lebih rendah terkena risiko serangan stroke .

Selain itu , Studi kedua juga menunjukan bila 1.169 orang yang mengkonsumsi 50 gram cokelat sekali seminggu , beresiko 46% lebih kecil meninggal di karenakan penyakit stroke , di banding mereka yang tidak mengkonsumsi cokelat sama sekali .

Lantas kadar apa yang ada di dalam cokelat , yang mampu mengurangi risiko stroke ?
Ternyata setelah di teliti lebih jauh , peneliti menemukan khusus nya dark chocolate , mengandung banyak antioksidan flavonoid. Antioksidan tersebut sudah sangat terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan .

Masih terus di lakukan penelitian terhadap coklat , " ujar peneliti Sarah Sahib,BscCA,dariMcMaster University di Hamilton, Ontario





reff : http://bunkimliong.blogspot.com/2013/02/cokelat-mencegah-stroke-manfaat-coklat.html

Penyuluhan Penyakit Dipteri

Penyakit Difteri


Difteri adalah penyakit akibat terjangkit bakteri yang bersumber dari Corynebacterium Diphtheriae (C. diphtheriae).
Penyakit ini menyerang bagian atas mukosa saluran pernapasan dan kulit yang terluka. Tanda-tanda yang dapat dirasakan ialah sakit tekak dan demam secara tiba-tiba disertai tumbuhnya membran kelabu yang menutupi tonsil serta bagian saluran pernapasan.
Pembawa kuman ini adalah manusia iri dan amat sensitif pada faktor-faktor alam sekitar seperti kekeringan, kepanasan dan sinar matahari. Difteri disebarkan dari kulit, saluran pernapasan dan sentuhan dengan penderita difteri itu sendiri. Tingkat kematian akibat difteri paling tinggi di kalangan bayi dan orang tua dan kematian biasanya terjadi dalam masa tiga hingga empat hari.

Perawatan bagi penyakit ini termasuk antitoksin difteri, yang melemahkan toksin dan antibiotik, eritromisin dan penisilin membantu menghilangkan kuman dan menghentikan pengeluaran toksin. Umumnya difteri dapat dicegah melalui vaksinasi. bayi,kanak-kanak, remaja, dan orang dewasa yang tidak mempunyai cukup pelalian memerlukan suntikan booster setiap 10 tahun.
Pemutakhiran Terakhir ( Senin, 02 Agustus 2010 10:15 )
Difteri merupakan salah satu penyakit yang sangat menular (contagious disease). Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diphtheriae, yaitu kuman yang menginfeksi saluran pernafasan, terutama bagian tonsil, nasofaring (bagian antara hidung dan faring/tenggorokan) dan laring. Penularan difteri dapat melalui kontak hubungan dekat, melalui udara yang tercemar oleh karier atau penderita yang akan sembuh, juga melalui batuk dan bersin penderita.






Penderita difteri umumnya anak-anak, usia di bawah 15 tahun. Dilaporkan 10 % kasus difteri dapat berakibat fatal, yaitu sampai menimbulkan kematian. Selama permulaan pertama dari abad ke-20, difteri merupakan penyebab umum dari kematian bayi dan anak-anak muda. Penyakit ini juga dijumpai pada daerah padat penduduk dengan tingkat sanitasi rendah. Oleh karena itu, menjaga kebersihan sangatlah penting, karena berperan dalam menunjang kesehatan kita. Lingkungan buruk merupakan sumber dan penularan penyakit.

Sejak diperkenalkan vaksin DPT (Dyphtheria, Pertusis dan Tetanus), penyakit difteri mulai jarang dijumpai. Vaksin imunisasi difteri diberikan pada anak-anak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak terserang penyakit tersebut. Anak-anak yang tidak mendapatkan vaksin difteri akan lebih rentan terhadap penyakit yang menyerang saluran pernafasan ini.

Bakteri Corynebacterium diphtheriae penyebab difteri akan menginfeksi saluran nafas. Masa inkubasinya adalah 2-4 hari. Tanda pertama dari difteri adalah sakit tenggorokan, demam dan gejala yang menyerupai pilek biasa. Bakteri akan berkembang biak dalam tubuh dan melepaskan toksin (racun) yang dapat menyebar ke seluruh tubuh dan membuat penderita menjadi sangat lemah dan sakit.

Gejala-gejala lain yang muncul, antara lain:
? Menelan sakit, batuk keras dan suara menjadi parau
? Mual dan muntah-muntah
? Demam, menggigil dan sakit kepala
? Denyut jantung meningkat
? Terbentuk selaput/membran yang tebal, berbintik, berwarna hijau kecoklatan atau keabu-abuan di kerongkongan sehingga sukar sekali untuk menelan dan terasa sakit
? Bila difteri bertambah parah, tenggorokan menjadi bengkak sehingga menyebabkan penderita menjadi sesak nafas, bahkan yang lebih membahayakan lagi, dapat pula menutup sama sekali jalan pernafasan.
? Kelenjar akan membesar dan nyeri di sekitar leher.
? Kadang-kadang telinga menjadi terasa sakit akibat peradangan
? Penyakit difteri dapat pula menyebabkan radang pembungkus jantung sehingga penderita dapat meninggal secara mendadak.
Pepatah bilang "mencegah lebih baik daripada mengobati". Sebelum timbul sakit yang membutuhkan penanganan lebih serius dan tentunya memakan biaya besar, sebaiknya kita mencegah agar terhindar dari sakit. Berikut ini,
tips cara mencegah difteri:
? Mengurangi minum es. Minum minuman yang terlalu dingin secara berlebihan dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan tenggorokan terasa sakit.
? Memberikan vaksinasi DPT pada anak-anak sebelum difteri menyerang.
Vaksin dapat merangsang terbentuknya antibodi tubuh untuk melawan kuman serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap jenis penyakit tertentu. Vaksinasi DPT biasanya diberikan sejak bayi berumur 3 bulan. Untuk pemberian kekebalan dasar perlu diberi 3 kali berturut-turut dengan jarak 1-1 ? bulan, lalu 2 tahun kemudian diulang kembali.
? Menjaga kebersihan badan, pakaian dan lingkungan. Penyakit menular seperti difteri mudah menular dalam lingkungan yang buruk dengan tingkat sanitasi rendah. Oleh karena itulah, selain menjaga kebersihan diri, kita juga harus menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
? Makanan yang kita konsumsi harus bersih. Jika kita harus membeli makanan di luar, pilihlah warung yang bersih. Jika telah terserang difteri, penderita sebaiknya dirawat dengan baik untuk mempercepat kesembuhan dan agar tidak menjadi sumber penularan bagi yang lain. Pengobatan difteri difokuskan untuk menetralkan toksin (racun) difteri dan untuk membunuh kuman Corynebacterium diphtheriae penyebab difteri. Setelah terserang difteri satu kali, biasanya penderita tidak akan terserang lagi seumur hidup.
Berikut ini beberapa ramuan tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi difteri

Resep 1 :
2 buah mengkudu yang matang + 10 lembar daun jinten dicuci dan dijus atau dihaluskan dan diperas airnya. Air tersebut digunakan untuk berkumur dalam tenggorokan selama sekitar 3 menit, lalu ditalan. Lakukan 3 kali sehari, setiap kali 3 sendok makan.

Resep 2 :
Umbi bidara upas dijus atau diparut dan diperas airnya hingga terkumpul 100 cc, lalu airnya tersebut digunakan untuk berkumur di tenggorokan selama sekitar 3 menit, lalu di telan.

Resep 3 :
15 gram sambiloto segar direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, tambahakan 3 sendok air jeruk nipis dan 5 sendok makan madu, diaduk, airnya digunakan untuk berkumur-kumur, lalu ditelan. Lakukan 3 kali sehari, setiap kali 2 sendok makan.

Resep 4 :
1 butir biji pinang kering ditumbuk halus, diseduh dengan 200 cc air mendidih, tambahkan 1 sendok makan madu, setelah dingin dipakai untuk berkumur-kumur di tenggorokan selama 2-3 menit, lalu dibuang. Lakukan 3 kali sehari.

Catatan :
- untuk perebusan gunakan periuk tanah, panci enamel atau panci kaca.
- Tetap konsultasi ke dokter.

Ditulis oleh Rendification
Rabu, 16 April 2008 09:17





reff : http://puskesmas-maesan.blogspot.com/2014/01/dipteri.html

KOLEKSI NOSTALGIA

Gambar emak aku ( Timah Isa) dimasa remaja dahulu. Umur pada masa itu kata emak dalam 15-16 tahun. Yang bertocang dua itulah emak aku. Sebelah kiri emak kpd emak aku (nenek lah). Kanan berdiri adik emak (Mak Ngah). Duduk sebelah emak, anak saudara (anak Mak Ngah).





reff : http://jidindempak18601950.blogspot.com/2010/03/part-4.html

Harga Microsoft Lumia 640 LTE Dual SIM, Versi Paling Tinggi Di Serinya

Spesifikasi Dan Harga Microsoft Lumia 640 LTE Dual SIM - Microsoft Lumia 640 LTE Dual SIM merupakan versi ultimate dari seri 640. Dimana pada seri ini semua fitur dihadirkan dan bisa dibilang merupakan versi komplit atau ultimate dengan menggabungkan beberapa kelebihan. Apa saja yang ditawarkan dari versi ini dan berapa harganya ?
Harga Microsoft Lumia 640 LTE Dual SIM, Versi Paling Tinggi Di Serinya
sumber :www.alphr.com

Display

Display yang digunakan pada seri Lumia 640 memiliki ukuran dan tipe yang sama yaitu berukuran 5 inci dengan teknologi IPS LCD dengan ketajaman piksel 16 juta warna. Layar yang digunakan memiliki kualitas HD dengan resolusi maksimal yang dapat dicapai adalah 720 x 1280 piksel pada kapadatan 294 ppi.

Jaringan

Pada seri Lumia 640 LTE Dual SIM ini, sesuai namanya jaringan yang didukung juga sudah mendukung 4G LTE pada spektrum Cat4 dengan kecepatan akses maksimal yang dapat dicapai secara teknis adalah 150 Mbps. Selain itu, jaringan seperti HSPA dan EDGE serta GPRS masih disertakan pada gadget ini.

Sistem Operasi

Sama seperti versi lainnya dalam sri yang sama, Lumia 640 LTE Dual SIM juga sudah menggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft. Lumia 640 LTE Dual SIM menggunakan Windows Phone 8.1 sebagai sistem operasi yang mumpuni.

CPU dan GPU

Lumia 640 LTE Dual SIM menggunakan chipset Snapdragon 400 sebagai dapur pacunya. Chipset ini memiliki CPU 4 inti yang berjalan pada kecepatan 1,2 GHz serta dipasangkan dengan GPU Adreno 305 yang bertugas melakukan olah grafis.

Memori dan RAM

Sistem operasi Windows Phone 8.1 pada Lumia 640 LTE disupply dengan memori kerja sebesar 1 GB. Pengguna dimungkinkan untuk menjalankan fitur multitasking hingga beberapa program sekaligus pada mode background. Dan sebagai tempat penampungan data, ruang sebesar 8 GB disediakan dan masih dapat diperluas dengan dukungan slot microSD.

Kamera

Melihat sisi kamera, sensor yang digunakan untuk kamera utama terbilang besar. Sebuah kamera dengan resolusi sebesar 8 MP menjadi kamera belakang atau kamera utama, lengkap dengan kemampuan autofocus serta dukungan LED flash untuk mengambil gambar di lingkungan yang minim cahaya. Namun sayang, kamera selfi yang disematkan di bagian depan hanya memiliki resolusi sebesar 1 MP.

Baterai

Urusan sumber daya memang menjadi pertimbangan yang tak luput diperhitungkan. Lumia 640 LTE Dual SIM menggunakan sebuah baterai dengan kapasitas 2500 mAh, sebuah kapasitas dengan ukuran sedang. Namun jika dibandingkan dengan beberapa kompetitornya, kapasitas ini terbilang kurang mengingat vendor tetangga menyertakan baterai hingga 3000 mAh bahkan 4000 mAh.

Dimensi dan Berat

Microsoft Lumia 640 LTE Dual SIM memiliki dimensi ukuran body dengan panjang hingga 141.3 mm, lebar 72.2 mm dan ketebalan sekitar 8.8 mm. Ponsel ini memiliki berat 145 gram termasuk baterai yang terinstal didalamnya.

Harga Microsoft Lumia 640 LTE Dual SIM

Harga Baru Microsoft Lumia 640 LTE Dual SIM Rp 2,599,000
Beli / Cek Harga Terbaru Disini
Harga Second Microsoft Lumia 640 LTE Dual SIM -

Spesifikasi Lengkap Microsoft Lumia 640 LTE Dual SIM

Diperkenalkan Maret, 2015
Rilis April, 2015

Jaringan

4G LTE LTE Cat4 150/50 Mbps
3G HSPA 42.2/5.76 Mbps
EDGE Ya
GPRS Ya

Display

Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.0 inches (~67.6% screen-to-body ratio)
Resolusi 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Proteksi Corning Gorilla Glass 3
Antarmuka ClearBlack display

Kamera

Kamera Utama 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Fitur 1/4'' sensor size
Video 1080p@30fps
Kamera Depan 1 MP, 720p

Fitur Utama

Sistem Operasi Microsoft Windows Phone 8.1 with Lumia Denim
Chipset Qualcomm MSM8926 Snapdragon 400
CPU Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU Adreno 305
RAM 1 GB
Memori 8 GB
Slot Memori microSD, up to 128 GB
SIM Single dan Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Baterai Li-Ion 2500 mAh

Konektifitas

WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP
USB microUSB v2.0
Jack Audio 3.5mm jack

Body

Dimensi 141.3 x 72.2 x 8.8 mm
Berat 145 g

Fitur Lainnya

GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, Beidou
Radio FM radio
NFC Ya
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Messaging SMS (threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser HTML5
Lain-lain MP3/WAV/eAAC+/WMA player
MP4/H.264/WMV player
OneDrive (30 GB cloud storage)
Document viewer
Photo/video editor
Pilihan Warna Glossy cyan, Orange, White, Matte black

Kelebihan Microsoft Lumia 640 LTE Dual SIM

  1. CPU Quad Core
  2. Memori Internal 8 GB
  3. OS Windows Phone 8.1
  4. Layar Kualitas HD
  5. Proteksi Gorilla Glass
  6. Layar ClearBlack Display
  7. Kamera Utama 8 MP
  8. Dimensi Ramping
  9. Desain Menarik
  10. Mendukung Dual SIM
  11. Mendukung 4G LTE Cat4
  12. Mendukung NFC
  13. Dukungan Slot Memori Eksternal

Kekurangan Microsoft Lumia 640 LTE Dual SIM

  1. RAM Cuma 1 GB
  2. Kamera Depan Cuma 1 MP
  3. Kapasitas Baterai Terbilang Kecil




reff : http://gaptequ.blogspot.com/2015/06/harga-microsoft-lumia-640-lte-dengan-dual-sim.html

Antonelli akan kehilangan pertandingan

Antonelli akan kehilangan pertandingan, mungkin kesempatan dari menit pertama untuk De Sciglio. Luca Antonelli terpaksa untuk melewatkan pertandingan pada hari Minggu malam di kandang Carpi karena cedera adduktor sedikit paha kiri, dan posisinya di lapangan melawan Carpi kemungkinan akan diambil oleh Mattia De Sciglio, yang belum memainkan permainan sebagai starter sejak 7 November (Milan-Atalanta 0-0).





reff : http://mibasispurwodadi.blogspot.com/2015/12/antonelli-akan-kehilangan-pertandingan.html

Mas Dian, Milyader dari Blog & Google Adsense



Ilovecotbaroh - Selama ini, sepertinya dua blogger 'terpecah' menjadi dua sisi. Sisi pertama adalahblogger kontenyang fokus pada pembuatan konten baik tulisan, foto dan video. Blogger jenis ini rata-rata mempunyai cita-cita untuk setidaknya menerbitkan buku. Walau pun ada juga yang memang hanya sekedar berbagi baik cerita, reportase mau pun opini. Terkadang golongan jenis ini tidak terlalu memikirkan 'pendapatan' dari nge-blog nya. Sisibrandingpersonal lebih mendominasi.
Sisi kedua adalah blogger yang fokus pada internet marketing. Walau lebih tepat disebut sebagai publisher adsensenamun sering juga disebut sebagaiblogger adsense.Blogger tipe ini, agak terbalik dengan blogger konten. Mereka sangat menguasai SEO(search engine optimizer)beserta perangkat dan algoritmanya. Bahkan, lebih banyak menyembunyikan identitasnya. Kalau pun saling kenal, biasanya hanya sesama anggta forum. Misalnya forum sejenis yang membahas soal tips dan trikGoogle Adsense.
Nah, dalam beberapa minggu terakhir ini--sedang heboh perihal kesuksesan salah seorang internet marketer di ranah social media.Mas Dian, namanya.
Sosok asli Tegal yang mengaku "pengangguran' dan anak ndeso ini ternyata meraup pendapatan atau gaji fantastis dari GA (Google Adsense). Foto yang diunggahnya di akun facebook pribadinya memang bakal membuat panas dingin yang melihatnya. Uang rupiah pecahan terbesar tampak bertumpuk di mejanya. mungkin sudah mencapai milyaran rupiah. Dan hebatnya, semua itu dicapainya hanya dalam waktu yang singkat. Mulai sekitar pertengahan tahun 2013.
Semakin menarik adalah rahasia dibelakang kesuksesannya ini. Yang tampak jelas terlihat adalah betapa rendah hati blogger yang satu ini. Ia tidak sungkan-sungkan berbagi jurus nya.
Dari komputer sederhana yang tidak ada casingnya, lalapan pete yang menemaninya (serius!) serta beberapa tools SEO seperti GSA SER, GSA SEO Indexer, GSA Captcha Breaker, SSD Windows VPS, 1K email accounts, 10 Private Proxy, Content Scraper+Spinner, 100K-800K verified links list For GSA SER dan lain sebaginya.
Sisi lain yang mengagumkan darinya adalah betapa relijius cara berfikirnya. Dari beberapa a status gambar di akun FB nya, tertulis satu jenis bacaan "basmallah" yang menyebut nama Nabi Sulaiman, salah satu nabi yang terkenal dengan karuania kekayaan dari Allah. Bacaaan yang tertulis adalah sebagi berikut:"Innahu min Sulaiman wainnahu Bismillahir Rahmanir Rahiim".
Belum lagi semboyan "dzikir, kerja, dzikir" nya secara tersirat tergambarkan dari caranya menulis status. Walau tidak memakai kaidah EYD karna (mungkin) tergesa-gesa tau terlalu santai menulisnya, tetapi esensinya jelas tersirat.
Bahkan dalam penutup foto sekarung uang dimejanya tersebut, tak sungkan rahasia yang membentuk fikiran suksesnya dibuka. Rahasianya adalah ilmu "MASTATHO'TUM". Yaitu sebuah titik dimana saat kita berusaha semaksimal tenaga sampai Allah sendiri yang menghentikan perjuangan kita. Bukan kita yang berhenti.
Senjata dan cemilan ala Mas Dian
Dengan kunci rahasia suksesnya ini, ia mengajak rekan-rekannya sesama internet marketer untuk berlindung kepada ALLAH ta'ala dari malas dan lemah azzam, serta menjemput limpahan karunia rahmat-Nya dengan MASTATHO'TUM.
Tentu saja banyak yang masuk dikelas blogger konten menjadi ikut lebih bersemangat. Saya tahu, mas Dian tidak bermaksud pamer. ia hanya berbagi semangat seperti awalnya ia tersemangati oleh rekannya yang sudah mendapatkan pendapatan dari Google Adsense.
Dan gara-gara Mas Dian jugalah saya jadi mulai utak atik blog pribadi yang selama ini tidak terurus. Siapa tahu dengan modal ?branding? selama menulis di Kompasiana, ya siapa tahu jadi... hehehe...
Sumber :www.kompasiana.com







reff : http://ilovecotbaroh.blogspot.com/2015/10/mas-dian-milyader-dari-blog-google.html

Adventskalender TĂźr #21 | Free Sidebar Titles


Bald ist es ja schon Weihnachten! Ich habe mir noch immer keine Gedanken fr Geschenke gemacht... Dafr habe ich fr euch heute sechs Sidebar Titel Grafiken, um eure Sidebar auf zu hbschen. Einbinden knnt ihr sie ganz einfach mit einem Bild-Widget oder mit einem HTML/Javascript-Widget. Natrlich kann man sie auch mit anderen Bloganbieter als Blogger nutzen, wie das funktioniert msste man eventuell noch ergoogeln.

Mit dem zweiten Link knnt ihr brigens die gleiche Dateien ansehen. Wer mchte, darf unseren Post teilen, wer nicht, der benutze den ersten Link :)

Falls ihr es benutzt, wrde ich mich freuen, wenn ihr mir einen Kommentar hinterlasst! :)

DOWNLOAD:





reff : http://www.copypastelove.de/2013/12/adventskalender-tur-21-free-sidebar.html

KURIKULUM KURSUS MENJAHIT TAHUN 2014

Selamat Tahun Baru 2014
Tahun Baru - Kurikulum Baru - Membawa Harapan Baru ....





Mesin Bordir Digital sekarang sudah memasyarakat, untuk membuat desain rajutan gambar bordir digital diperlukan software komputer yang bernama WILCOM EMBROIDERY
Untuk dapat mengoperasikan mesin bordir digital ini perlu banyak praktek latihan yang membutuhkan bimbingan langsung dari Instruktur yang sudah berpengalaman menangani mesin ini.
Bila tidak didampingi Instruktur, dikhawatirkan mesin bordir digital yang relatif mahal harganya menjadi rusak akibat untuk praktek latihan sendiri oleh pemiliknya, tanpa pendamping Insruktur.



Mesin Jahit Berkomputer juga dapat membordir otomatis, sayangnya hanya memiliki satu jarum, sehingga benang bordir yang dipasang hanya satu warna saja.
Cocok untuk membuat bordir label nama pada pakaian seragam dengan cepat dan praktis.
Membordir satu label nama dibutuhkan waktu sekitar 2 menit saja...

Terimakasih.







reff : http://infokursusjahit.blogspot.com/2014/01/kurikulum-kursus-menjahit-tahun-2014.html