Rabu, 27 Januari 2016

Cara Gesit Meraih Pembebasan

Hidup kadang tidak dimulai dengan tawa. Dan hidup sama sekali kadang tidak mudah. Bagaimana kita bisa memungut pengetahuan dari pengalaman pahit yang kita rasakan di masa lalu. Pengetahuan yang akan kita jadikan sebagai bekal dan kita pakai sepanjang usia.

Ada beberapa hal yang kita tidak boleh korbankan dan tidak boleh kita abaikan. Hal tersebut seperti keluarga, hati kita dan juga harga diri. Kita harus selalu berjuang untuk hidup kita dan mimpi-mimpi kita tapi kita harus tetap mengedepankan akal sehat. Memikirkan segala sesuatunya memiliki konsekuensi atau bersifat kausalitas.

Hidup dalam ketidak pastian itu kadang kita temui. Kita harus berani menghadapi itu semua seraya menyerahkan semuanya kepada yang maha kuasa dalam doa yang kita panjatkan setiap waktu. Tidak ada gading yang tak retak karena kita hanyalah manusia biasa, tempatnya salah dan lupa. Kita harus berani bersikap terbuka mengakui kesalahan dan memperbaiki kesalahan.

Ketika kita mampu membangun sebuah dinding dari batu yang dilemparkan kepada kita bagaimana mungkin masa depan kita akan rusak.






reff : http://pancarobablizz.blogspot.com/2015/09/cara-gesit-meraih-pembebasan.html

Cara Membuat Foto Menjadi Animasi Vidio Melalui Smartphone Asus

Smartphone dari produk Asus ternyata menyediakan aplikasi untuk membuat foto menjadi animasi vidio. Aplikasi ini bernama MicroFilm, seperti di komputer atau laptop aplikasi ini sejenis dengan Windows Movie Maker. Cara kerja aplikasi MicroFilm ini adalah kita dapat memilih foto - foto yang ingin kita jadikan satu. Intinya aplikasi ini menggabungkan banyak foto menjadi satu ke dalam sebuah vidio. Untuk cara penggunaan aplikasi ini silahkan ikuti tutorial di bawah ini :
1. Buka aplikasi MicroFilm.

http://titik0jogja.blogspot.com/2014/12/cara-membuat-foto-menjadi-animasi-vidio.html


2. Masuk ke Aplikasi MicroFilm.

http://titik0jogja.blogspot.com/2014/12/cara-membuat-foto-menjadi-animasi-vidio.html

Pilih dan klik Mulai.

4. Pilih dengan memberi centang untuk foto yang ingin dibuat.

http://titik0jogja.blogspot.com/2014/12/cara-membuat-foto-menjadi-animasi-vidio.html

5. Setelah selesai pilih Next atau Berikutnya. Letaknya di pojok kanan atas.

6. Terakhir kita dapat menikmati foto - foto kita melalui slide vidio. Kita dapat mengganti style animasi dengan memilih style animasi yang ada di pojok kanan. Seperti gambar di bawah ini.

http://titik0jogja.blogspot.com/2014/12/cara-membuat-foto-menjadi-animasi-vidio.html
http://titik0jogja.blogspot.com/2014/12/cara-membuat-foto-menjadi-animasi-vidio.html

7. Untuk menyimpan hasi editing tadi, kamu bisa memilih icon Save di Pojok
Kanan atas.

8. Proses rendering akan memakan waktu, untuk itu sediakanlah kopi terlebih dahulu. hehehe

http://titik0jogja.blogspot.com/2014/12/cara-membuat-foto-menjadi-animasi-vidio.html

Selamat editing.












reff : http://titik0jogja.blogspot.com/2014/12/cara-membuat-foto-menjadi-animasi-vidio.html

Membangun Perdamaian Antar Umat Beragama di Indonesia


Membangun Perdamaian Antar Umat Beragama di Indonesia

Negara Indonesia merupakan Negara dengan penduduk yang majemuk dari segi adat, suku, budaya dan agama. Kemajemukan dalam agama terjadi akibat masuknya agama-agama besar ke Indonesia. Tidak aneh jika di Negara kita ini terdapat banyak sekali agama besar seperti Hindu, Buddha, Katholik, Kristen dan Islam.

Perkembangan agama-agama tersebut telah menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang beragama, dimana kehidupan beragama tidak dapat terpisahkan dari kehidupan bangsa dan masyarakat Indonesia. Suatu bukti dalam hal ini bisa dilihat dalam kenyataan bahwa sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam melepaskan diri dari belenggu penjajahan bangsa asing, salah satunya dipengaruhi adanya motivasi agama. Selain itu inspirasi dan aspirasi keagamaan tercermin dan tertera dalam rumusan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.

Proses perkembangan dan persebaran agama di Indonesia berlangsung dalam jangka waktu yang panjang, sehingga tidak bisa dipungkiri terjadi pertemuan antara umat beragama yang satu dengan umat beagama yang lain. Dalam pertemuan tersebut akan menimbulkan potensi integritas dan potensi kompetisi yang tidak sehat yang bisa menyebab disintegritas atau perpecahan.
Potensi integritas diartikan sebagai suatu keharmonisan dalam dinamika pergaulan antar umat intern agama dan antar umat beragama. Potensi integritas itu tidak dapat dipindahkan dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang tercermin dalam suasana hidup berkeluarga, hidup bertetangga baik dan bergotong-royong. Hal ini dapat terlihat dari hubungan yang harmonis dalam berkehidupan beragama seperti saling hormat menghormati, memberi kebebasan antar umat beragama untuk menjalankan ibadah, selalu mengedepankan toleransi, sehingga dalam sejarah kehidupan bangsa Indonesia tidak pernah terjadi pertentangan ataupun peperangan antar pemimpin umat beragama. Potensi kompetisi berarti terjadi persaingan dalam dinamika pergaulan, baik intern umat beragama ataupun antar umat beragama. Kompetisi ini dapat berjalan dengan baik atau dalam suasana yang damai, dan dapat pula berjalan dengan menimbulkan banyak pertentangan dan benturan. Dalam sejarah kehidupan beragama bangsa Indonesia diakui pernah terjadi benturan dan pertentangan, namun masih dalam batas-batas kewajaran sebagai suatu dinamika dalam hubungan pergaulan atau interaksi antar umat beragama.

Salah satu penyabab terjadinya ketegangan atau konflik dalam kehidupan beragama adalah akibat politik pecah belah (devide et impera) penjajah. Dalam usaha politik tersebut pihak penjajah sering memanfaatkan perbedaan agama untuk mempertajam konflik di kalangan bangsa Indonesia ditengah perjuangan menentang kebijakan-kebijakan kolonial.
Suasana ketegangan dan konflik dalam kehidupan beragama yang akar-akarnya telah ditanamkan oleh penjajah terbawa pula ke dalam kehidupan era kemerdekaan Indonesia. Gejala-gejala perselisihan antar umat beragama muncul kepermukaan sekitar tahun 1960 an. Diantaranya adalah kasus perusakan tempat-tempat ibadah dan cara-cara penyiaran agama kepada orang yang telah memeluk suatu agama. Kompetisi tidak sehat yang menyebabkan diintegritas dan perselisihan cenderung nampak berjalan terus, sekalipun benturan fisik tidak pernah terjadi.

Di zaman yang sudah maju seperti saat ini dan seiring semakin majunya teknologi komunikasi membuat semakin banyaknya tantangan yang harus kita hadapi dalam menghadapi segala isu-isu negatif dalam perbedaan agama di kehidupan sehari-hari. Sudah sewajarnya sebagai umat beragama harus berhati-hati dan tak mudah terprovokasi terutama tentang isu-isu yang beredar yang belum tentu kebenarannya. Perbedaan agama beserta ajarannya justru harus dipandang dan dinilai sebagai suatu kekayaan bangsa dimana para penganut agama yang berbeda bisa saling menghargai atau menghormati, saling belajar, saling menimba serta memperkaya dan memperkuat nilai-nilai agama dan keimanan masing-masing. Perbedaan tidak perlu dipertentangkan, tetapi dilihat dan dijadikan sebagai pembanding, pendorong, bahkan penguat dan pemurni apa yang sudah dimiliki. Kaum beriman dan penganut agama yang berbeda-beda semestinya bisa hidup bersama dengan rukun dan damai selalu, bisa bersatu, saling menghargai, saling membantu dan mengasihi.

Namun dalam sejarah kehidupan beragama sampai saat ini, sering terjadi bahwa perbedaan keagamaan dan keimanan dijadikan sebagai pemicu atau alasan pertentangan dan perpecahan. Di banyak tempat, telah terjadi konflik berdarah dan berapi yang menelan banyak korban manusia dan harta benda, serta menghancurkan sendi-sendi kehidupan di berbagai bidang di lingkungan kita. Unsur-unsur keagamaan dijadikan sasaran dan pemicu penghancuran dalam konflik tersebut.
Bahkan ada orang-orang tertentu yang menggangap dan menjadikan agama sebagai dasar dan alasan untuk tidak boleh berdamai dan hidup rukun dengan orang lain yang berbeda agama. Bahkan ada anjuran untuk memusuhi dan membinasakan umat beragama lain.

Dalam upaya untuk meminimalisir dan menghambat segala bentuk peristiwa pertentangan antar agama seperti yang telah terjadi di Indonesia saat ini, ada baiknya atau bahkan dianjurkan kepada kita semua sebagai umat beragama untuk melihat dan memahami sudut pandang yang diajarkan oleh masing-masing agama. Dari pemahaman sudut pandang antar agama, tentunya kita akan melihat persamaan dan juga banyak perbedaan ajaran dalam segala bidang yang berkaitan dengan keagamaan.
DOSA

Dalam ajaran kitab suci Hindu (Weda) disebutkan tidak ada yang mengenal dosa. Agama Hindu menangani dosa dengan cara yang ilmiah yaitu melalui penjelasan hukum Karma atau hubungan sebab akibat. Sebagai contoh perumpamaan yaitu ketika seorang anak menaruh tangannya diatas api, lalu tangannnya terbakar. Tindakan ini dilakukan karena ketidaktahuan anak terhadap kekuatan api. Anak itu tidak melakukan dosa, akantetapi karena ketidaktahuannya akan kebenaran bahwa api membakar, dia telah melakukan karma yang buruk dan telah menerima akibatnya menjadi terbakar. Agama Hindu menjelaskan dosa dengan cara yang telah dijelaskan seperti contoh diatas. Manusia melakukan dosa atau karma yang buruk akibat kebodohan.Pengetahuan menghilangkan kebodohan. Itulah cara ide tentang dosa dijelaskan dalam agama Hindu.

Tidak jauh berbeda dengan pandangan agama Hindu terhadap dosa, berdasarkan nilai-nilai yang berkaitan dengan dosa dalam kitab Tripitaka, agama Buddha mempercayai bahwasanya dosa timbul akibat ketidak-tahuan (awidhya) yang bisa menyebabkan keinginan (trsna) atau kehausan (tanha). Yang dimaksud dengan ketidaktahuan atau awidhya adalah suatu bentuk ketidak-tahuan yang menjadikan manusia dikaburkan pandangannya terhadap makna hidup yang terjadi didunia ini. Ketidak-tahuan ini utamanya adalah mengenai tabiat asasi alam semesta ini, yang memiliki tiga ciri yang mencolok yaitu bahwa alam semesta adalah alam yang penuh dengan penderitaan (dukha), bahwa alam semesta adalah fana (anitya) dan bahwa tiada jiwa dalam dunia ini (anatman). Demikianlah awidhya menjadi sebab timbuknya dosa.

Menurut ajaran agama Islam, dosa yang dilakukan manusia pada dasarnya akibat urusan duniawi yang mengandung hawa nafsu. Hawa nafsu inilah yang menyebabkan manusia melakukan perbuatan yang bertentangan dengan perintah Tuhan (Allah). Islam memandang dosa adalah sesuatu tindakan bukan keadaan yang bertentangan dengan perintah Tuhan. Al-Qur?an mengajarkan bahwa ?jiwa tentu rawan kejahatan, kecuali Tuha tidak melimpahkan rahmat-Nya? dan bahkan para nabi tidak membebaskan diri dari kesalahan. [Quran 12:53]
Menurut ajaran agama Kristen, ada beberapa pengertian yang bisa mendefinisikan arti dosa berdasarkan pada nilai-nilai yang ada pada alkitab (Injil) :

a. Menurut kamus Alkitab
Dosa adalah tindakan manusia secara perorangan maupun secara kelompok yang menyimpang dari kehendak dan hukum Allah.
b. Menurut Perjanjian Lama
Dosa adalah musuh yang setiap saat telah mengintip didepan pintu hati manusia untuk memasukinya. [Kejadian 4 : 7]
c. Dosa adalah penyalahgunaan kebebasan manusia.
Perintah Tuhan kepada manusia masih berlanjut: ??? Tetapi pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat janganlah kau makan buahnya ?..?. Itu berarti kebebasan yang diberikan Tuhan adalah terbatas. Tuhan memberikan memberi larangan agar tidak memakan buah pengetahuan yang baik dan yang jahat. Tuhan memberikan sanksi kepada manusia apabila melangar larangan itu akan mati

Keselamatan
Menurut ajaran agama Hindu, jalan keselamatan manusia dari dosa dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu :

a. Jnanamarga
Pengetahuan akan kebenaran yang tertinggi. Mencari dan Yoga.
b. Karma Marga
Menakhlukkan kehendak sendiri.
c. Bhakti Marga

Melakukan cinta kasih.

Dalam pandangan ajaran Buddha, manusia dapat menghapus dosanya dengan pengakuan kepada Dharma serta melakukan 8 (delapan) jalan kebenaran disebut Astavidha.
Pengakuan kepada Dharma berarti mempercayai kebenaran hukum-hukumnya dengan menjalankan dasar-dasar ajaran kelepasan hidup serta peraturan-peraturan lainnya. Dasar-dasar ajaran kelepasan tersebut adalah yang disebut Arya-Satyani yang 4 kebenaran mulia sebagai berikut :
a. Bahwa dalam kehidupan didunia ini penuh dengan hal-hal yang menyedihkan dan kesengsaraan, maka dapat disimpulkan bahwa hidup itu menderita.
b. Bahwa manusia berada oleh karena memiliki nafsu keinginan untuk berada (hidup). Kehidupan hidupnya itu adalah penderitaan karena terikat oleh samsara (menjelma berkali-kali).
c. Jika tidak lagi punya nafsu keinginan; maka penderitaan samsara bisa dihilangkan yaitu dengan memadamkan nafsu keinginan tersebut (tresna).
d. Cara menghilangkan nafsu keinginan yaitu dengan melakukan 8 jalan kebenaran.
Menurut ajaran agama Islam, pada dasarnya Allah telah menunjukkan jalan keslamatan melalui para nabi-nabinya. Untuk memperoleh keslamatan, manusia harus berusaha untuk melakukan perintahNya dan menjahui larangNya.

Menurut ajaran agama Kristen, Semua manusia yang telah lahir didunia telah melakukan dosa dan berada dalam keadaan tidak selamat. Untuk mendapatkan keselamatan dari maut atau dosa, manusia tidak dapat mengandalkan kemampuannya sendiri melainkan harus percaya kepada Tuhan sebagai juru selamat dan jalan kebenaran.

Tuhan
Menurut agam Islam & Kristen, mempercayai bahwa Tuhan itu bersifat Theis atau Theos yang berarti bersangkutan dengan Allah atau dewa-dewi yang disapa dengan ?Engkau?. Bersifat Monoteis atau personal.

Menurut agama Budha, bahwa Tuhan tiada duanya, yang nyata adalah ?Yang Kekal?.
Menurut agama Hindu, bahwa Tuhan adalah Superhuman Being. Bahwa Tuhan itu berasal dari manusia yang mampu melepaskan diri dari awidhya yaitu Sidharta Gautama ( Sang Budha ).
Berdasarkan persamaan dan perbedaan berdasarkan tiga topik diatas, bisa dijadikan landasan untuk menciptakan kehidupan damai antar umat beragama. Strategi yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kerukunan antar umat beragama yaitu antara lain :

Membangun institusi peradilan masing-masing agama
Di indonesia banyak sekali permasalahan-permasalahan yang terjadi dilingkup setiap agama yang tidak mampu di selesaikan secara sepenuhnya oleh peradilan negeri yang ada di indonesia. Kalaupun permasalahannya bisa diselesaikan, belum tentu bisa menciptakan perasaan adil terhadap pemeluk agama yang terkait. Hal ini terjadi dikarenakan hukum negara tidak sepenuhnya bersifat pro atau cocok dengan hukum agama. Sebagai contoh permasalahan tentang ahli waris yang menyangkut agama Hindu yang ada di Bali. Menurut peradilan negara, yang bisa menjadi ahli waris di suatu keluarga adalah laki-laki dan perempuan atau dengan kata lain laki-laki dan perempuan sama derajatnya. Akantetapi menurut hukum agama Hindu, bahwasanya yang bisa menjadi ahli waris dari suatu keluarga adalah kaum laki-laki (purusa) selama masih memeluk agama Hindu. Apabila tidak segera didirikan institusi peradilan yang memiliki nilai hukum yang sesuai dengan nilai-nilai agama, maka bisa saja menimbulkan ketidakharmonisan dan keselarasan antara kehidupan antar agama dan bernegara.

Mendorong, memfasilitasi dan mengembangkan terciptanya dialog dan kerjasama antara pimpinan majelis-majelis dan organisasi-organisasi keagamaan dalam rangka untuk membangun toleransi dan kerukunan antar umat beragama.
Di lingkungan pedesaan maupun perkotaan, seringkali di jumpai tempat-tempat ibadah seperti gereja, masjid, pura yang dibangun di area yang saling berdekatan. Akibat letaknya yang relatif berdekatan, tidak jarang terjadi konflik jam ibadah. Sebagai contoh kejadian yang pernah terjadi di Gereja penulis, sempat terjadi diintegritas akibat bentrokan jam ibadah. Akibat jam ibadah yang bersamaan menyebabkan tindakan-tindakan yang bertujuan untuk menggangu atau menghambat ibadah agama lain. Tidak sampai disitu saja, peristiwa ini juga hampir menyebabkan baku hantam antar pemeluk agama. Tentunya peristiwa seperti ini tidak diinginkan terus-menerus terjadi, sehingga perlu adanya usaha untuk mengadakan dialog dan kerjasama antar pemimpin-pemimpin agama untuk merundingkan cara supaya masing-masing pemeluk agama bisa melakukan ibadah tanpa menggangu ibadah umat agama lain. Sehingga apabila hal ini terwujud, bukan tidak mungkin kerukunan dan toleransi antar umat beragama bisa tetap terjaga.

Memberikan pengertian kepada seluruh umat antar agama untuk tidak mencampuri akidah dan ibadah umat agama lain.
Di indonesia sudah terjadi banyak konflik antar umat agama akibat saling mencampuri dan menyindir kepercayaan dan nilai-nilai agama lain. Hal ini bisa terjadi dikarenakan suatu individu atau kelompok agama tertentu menilai agama lain berdasarkan nilai-nilai dan kepercayaan dalam agamanya sendiri. Tentunya hal ini bisa saja menyebab terganggunya sikap toleransi dan stabilitas kehidupan beragama di indonesia. Di karenakan tidak selamanya yang di anggap benar oleh lingkup agama tertentu juga dianggap benar oleh lingkup agama lain, karna pada dasarnya setiap agama memiliki banyak nilai-nilai yang berbeda. Oleh karena itu, perlu adanya upaya dari pemerintah, pemimpin agama untuk memberikan pengertian kepada seluruh umat agama agar tidak mencampuri nilai-nilai dan cara ibadah agama lain. Sehingga dari upaya ini, diharapkan mampu menimbulkan kesadaran pribadi tiap-tiap umat agama untuk selalu mengedepankan toleransi beragama.


Dan pada akhirnya, kerukunan antar umat agama di indonesia sangatlah penting untuk dijaga demi utuhnya negara ini. Apalagi sebagai masyarakat indonesia, tentunya sudah mengetahui bahwasanya indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman agamanya. Oleh sebab itu, marilah kita memandang keragaman antar agama sebagai sebuah kekayaan dan menjadi kunci semakin damainya kehidupan negara indonesia dengan cara saling menghargai, menghormati dan bahkan menjaga berlangsungnya kehidupan umat agama yang berbeda keyakinan. Dan pastilah penulis yakin indonesia akan mampu mengapai cita-cita yang telah diimpikan pada awal berdirinya negara ini. Amin.




reff : http://vindhydwiiriani.blogspot.com/2015/11/membangun-perdamaian-antar-umat.html

Resep Sup Iga Sapi Istimewa

Sup Iga Sapi Istimewa
Sup Iga Sapi Istimewa

Halo Sahabat Upaboga? kali ini admin akan bagikan Resep Sup Iga Sapi Istimewa Ala Upaboga.

FYI? Sup Iga Sapi merupakan masakan kuah jenis sup yang diambil dari kaldu iga sapi yang kuat. Jadi bahan utama masakan ini adalah iga sapi. Dengan dipadukan campuran dari berbagai bahan rempah yang komplit, Sup Iga Sapi Istimewa ini memiliki rasa yang beda. Walau menggunakan bahan rempah-rempah tetapi cara memasaknya sangat muda. Ayo langsung saja Sahabat Upaboga intip resep Sup Iga Sapi Istimewa berikut ini :

Bahan :
750 gr Iga sapi (pilih yang banyak daging dan tulang muda)
250 gr Daging sapi (potong dadu)
5 buah Wortel (potong dadu agak tebal)
5 buah Kentang (potong seperti wortel)
5 batang Daung bawang (iris 1 cm)
2 ? ltr Air
5 buah Cengkeh
3 buah Peka
4 butir Kapulaga
? bagian Pala (dikeprek)
5 cm Kayu manis
3 cm Jahe (dikeprek)
2 sdm Margarin
2 btr Kaldu sapi instan
Gula, garam, merica secukupnya

Bumbu halus:
8 buah Bawang merah
5 buah Bawang putih

Pelengkap:
Kripik Emping
Bawang Goreng
Irisan Daun Seledri
Jeruk Nipis
Kecap
Sambal

Cara memasak Sup Iga Istimewa:
  • Rebus air bersama Iga sapi dengan api sedang kurang lebih 2,5 jam. Ketika air mulai berkurang, selalu tambahkan air dan ambil buih yang mengapung.
  • Masukkan ke dalam rebusan iga : daging sapi dan bumbu rempah-rempah (cengkeh, peka, kapulaga, dan lain-lain sesuai bahan di atas) dan kaldu sapi instan. Masak ? 1 jam sampai daging sapi terasa empuk.
  • Panaskan margarin diatas wajan, kemudian tumis bumbu halus hingga tercium harum.
  • Setelah selesai, masukkan wortel, kentang dan tumisan bumbu halus ke dalam panci rebusan iga.
  • Masak hingga wortel dan kentang matang. Lalu tambahkan gula, garam dan merica sesuai selera agar rasanya lebih mantap.
  • Taburi daun bawang sebentar, lalu matikan kompor.
  • Hidangkan selagi hangat dengan taburan kripik emping, bawang goreng, jeruk nipis, daun seledri, kecap serta sambal sesuai selera.

Bagaimana Sahabat Upaboga? Mudah bukan? Di coba yuk? buat hidangan istimewa untuk keluarga dengan Resep Sup Iga Sapi Istimewa




reff : http://upaboga.blogspot.com/2015/05/resep-sup-iga-sapi-istimewa.html

Safed Musli,Ashwagandha, Kaunch, Shilajit sale

Safed Musli for sale
Safed Musli (Chlorophytum borivilianum) is considered to be the top aphrodisiac herb in Indian (Ayurvedic)

Safed musli roots is an aurvedic sexual health supplement. It helps men who are diagnosed with erectile dysfunction (inability to sustain a satisfactory erection to complete intercourse), also helps women who are facing problem of orgasmic dysfunctions (difficulty in reaching orgasm and the total absence of it) and those disorders associated with lack of sexual arousal. Original Safed Musli is made from Safed Musli, Ashwagandha and Kaunch, Shilajit and other rare herbs. This is an ancient, authentic & proven formulation to increase body vigor and vitality. Original safed Musli works from day one, so use it daily and change every night into a special one.

Available : 250, 500 & 1000 grams
More details: jkmpic@gmail.com
Ph: 09858986794/01933-223705
More details: http://jkmpic.blogspot.in/2015/09/safed-musliashwagandha-kaunch-shilajit.html




reff : http://jkmpic.blogspot.com/2015/09/safed-musliashwagandha-kaunch-shilajit.html

Bahu Jalan


Bahu jalan adalah jalur yang terletak berdampingan dengan jalur lalu lintas yang berfunsi sebagai:
  1. Ruangan untuk tempat berhenti sementara kendaraan yang mogok atau yang sekedar berhenti karena mengemudi ingin berorientasi mengenai jurusan yang akan ditempuh, atau untuk beristirahat.
  2. Ruangan untuk menghindarkan diri dari saat-saat darurat, sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan.
  3. Memberikan kelegaan pada pengemudi, dengan demikian dapat meningkatkan kapasitas jalan yang bersangkutan.
  4. Ruangan pembantu pada waktu mengadakan pekerjaan perbaikan atau pemeliharaan jalan (untuk tempat penempatan alat-alat,dan penimbunan bahan matrial)
  5. Memberikan sokongan pada konstruksi perkerasan jalan dari arah samping.
  6. Ruangan untuk lintasan kendaraan-kendaraan patroli,ambulans, yang sangat dibutuhkan pada keadaan darurat seperti terjadinya kecelakaan.

Jenis bahu
Berdasarkan tipe perkerasannya, bahu jalan dapat dibedakan atas:
  1. Bahu yang tidak diperkeras, yaitu yang hanya dibuat dari matrial perkerasan jalan tanpa bahan pengikat,biasanya digunakan matrial agregat bercampur sedikit lempung,dipergunakan untuk daerah-daerah yang tidak begitu penting,dimana kendaraan yang berhenti dan mempergunakan bahu atidak begitu banyak jumlahnya.
  2. Bahu yang tidak diperkeras, yaitu bahu yang dibuat dengan mempergunakan bahan pengikat sehingga lapisan tersebut lebih kedap air dibandingkan dengan bahu yang tidak diperkeras, bahu ini dipergunakan untuk jalan-jalan dimana kendaraan yang akan berhenti dan memakai bagian tersebut besar jumlahnya, seperti disepanjang tol,disepanjang jalan arteri yang melintasi kota, dan tikungan-tikungan yang tajam.
Dilihat dari letaknya bahu terhadap arah arus lalu lintas, maka bahu jalan dapat dibedakan atas:
  1. Bahu kiri/bahu luar (left shoulder/outershoulder), adalah bahu yang terletak ditepi sebelah kiri jalur lalu lintas.
  2. Bahu kanan/bahu dalam (right/inner shoulder), adalah bahu yang terletak ditepi sebelah kanan dari jalur lalu lintas.

Lebar bahu jalan
Besar lebar bahu jalan sanagt dipengaruhi oleh:
  1. Fungsi jalan: Jalan arteri direncanakan untuk kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jalan local.Dengan demikian jalan arteri membutuhkan kebeasan samping, keamanan,dan kenyamanan yang lebih besar, atau menuntut lebar bahu yang lebih lebar dari jalan local.
  2. Volume lalu lintas: Volume lalu lintas yang tinggi membutuhkan lebar bahu nyang lebih lebar dibandingkan dengan volume lalu lintas yang lebih rendah.
  3. Keghiatan disekitar kegiatan jalan: Jalan yang melintasi daerah perkotaan, pasar, sekolah, membutuhkan lebar bahu jalan yang lebih lebar daripada jaln yang melintasi daerah rural, karenaa bahu jalan tersebut akan dipergunakan pula sebagai tempat parker dan pejalan kaki.
  4. Ada atau tidaknya trotoar
  5. Biaya yang tersedia sehubungan dengan biaya pembebasan tanah, dan biaya untuk konstruksi. Lebar bahu jalan dengan demikian dapat bervariasi anatara 0,5-2,5m.

Lereng melintang bahu jalan
Berfungsi atau tidaknya lereng melintang perkerasan jalan untuk menglirkan air hujan yang jatuh di atasnya sangat ditentukan oleh kemiringan melintang bagian samping jalur perkerasan itu sendiri, yaitu kemiringan melintang bahu jalan.kemiringan bahu jalan yang tidak baik ditambah pula dengan bahu dari jenis tidak diperkeras akan menyebabkan air hujan akan merembes masuk kelapisan perkerasan jalan.Hal ini dapat mengakibatkan turunnya daya dukung lapisan perkerasan, lepasnya ikatan antara agregat dan aspal yang akhirnya dapat memperpendek umur pelayanan jalan.
Guna keperluan tersebut, haruslah dibuat kemiringan melintang bahu jalan yan sebesar-besarnya tetapi masih aman dan nyaman bagi pengemudi kendaraan. Kemiringan melintang bahu lebih besar dari kemiringan melintang jalur perkerasan jalan. Kemiringan melintang bahu dapat bervaariasi sampai dengan 6%, tergantung dari jenis permukaan bahu, intensitas hujan, dan kemungkinan penggunaan bahu jalan.
Pada tikungan yang tajam,kemiringan melintang jalur perkerasan juga ditentukan dari kebutuhan akan keseimbangan gaya akibat gaya sentrifugal yang bekerja. Besar dan kemiringan melintang bahu harus juga disesuaikan demi keamanan pemakai jalan dan fungsi drainase itu sendiri.Perubahan kelandaian antara kemiringan melintang perkerasan jalan dan bahu (roll over) maksimum 8%.



reff : http://bestananda.blogspot.com/2014/11/bahu-jalan.html

Tansi: Bahasa Baru dan Bahasa Kreol Pertama di Indonesia

"Bahasa Tansi merupakan sebuah Bahasa baru yang ditemukan di Sumatera Barat dan Bahasa Kreol pertama di Indonesia."

Apakah anda pernah dengar bahasa Tansi? Saya yakin anda tidak pernah dengar atau tahu. Selama ini, masyarakat mengenal hanya ada 3 bahasa di Sumatera Barat, yaitu Minangkabau, Mentawai, dan Mandailing. Namun, hal itu dapat disanggah karena adanya temuan satu bahasa baru di wilayah tersebut, yakni bahasa Tansi. Dengan demikian, setidaknya sampai hari ini, ada empat bahasa yang hidup di Sumatera Barat.


?Ke depan, melalui penelitian linguistik yang melihat latar belakang sejarah, sosial, dan budaya masyarakat pengguna, tidak tertutup kemungkinan khazanah bahasa yang ada ini akan kembali bertambah,? ujar Elsa Putri Ermisah Syafril ketika mempertahankan disertasinya yang berjudul ?Bahasa Tansi di Kota Sawahlunto? dalam ujian terbuka Program Doktor Ilmu-ilmu Humaniora (Linguistik) di Ruang Multimedia Gedung R.M. Margono Djojohadikusumo, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM, 2 November 2010. Elsa berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Elsa mengatakan bahasa Tansi merupakan satu bahasa kreol dengan latar belakang perburuhan dan berada di pedalaman. Temuan ini selain menjadikan bahasa Tansi sebagai bahasa kreol pertama di Indonesia yang lahir dari latar belakang perburuhan dan berada di pedalaman, juga membuka katup kemungkinan bahwa bahasa kreol di Indonesia bagian barat tidak identik dengan latar belakang perniagaan dan berada di wilayah pesisiran.

?Bahasa Tansi merupakan bahasa kreol pertama di Indonesia yang lahir dengan latar belakang perburuhan dan berada di pedalaman,? katanya.

Bahasa Tansi, secara kualitatif (sejarah, sosial, dan budaya) adalah bahasa yang berasal dari kelompok sosial terbawah di dalam struktur sosial kolonial di Sawahlunto. Sementara secara teoretis, bahasa Tansi pada awalnya merupakan bahasa pijin karena bahasa tersebut polygenetic, berasal dari campuran (mixture) beberapa bahasa buruh tambang dari berbagai etnis, seperti Minangkabau, Jawa, Cina, Madura, Sunda, Bugis, Bali, dan Batak, dengan bahasa dasar bahasa Melayu, dan terdapat bahasa Belanda.

?Ini bisa dibuktikan dengan sejumlah contoh, seperti adanya penggunaan kata sapaan untuk orang yang lebih tua dari berbagai bahasa dalam bahasa Tansi secara umum,? imbuh Elsa.

Sejalan dengan perkembangan waktu, bahasa Tansi di kota Sawahlunto terus digunakan selama lebih dari 100 tahun hingga keturunan berikutnya karena perkawinan campur antarketurunan buruh tambang sebagai bahasa ibu dalam masyarakat pengguna bahasa tertentu.

Namun, penggunaan bahasa Tansi pada saat sekarang telah mengalami perubahan ke arah yang lebih standar (dekreolisasi) dengan sangat cepat, yang dibuktikan dengan perubahan struktur bahasa.

?Untuk membuktikan hal ini, saya menggabungkan metode penelitian gabungan, yaitu metode kualitatif dan kuantitatif, serta yang berkaitan dengan bidang kajian sosiolinguistik antropologis,? kata perempuan kelahiran Sawahlunto, 27 November 1977 ini.


Penelitian tersebut, menurut Elsa, secara khusus telah memunculkan kesadaran masyarakat Sawahlunto terhadap identitas mereka. Mereka terlibat aktif dan berpartisipasi untuk menemukan identitas tersebut, dan menemukan kenyataan bahwa mereka sebagai bagian masyarakat plural dan multietnis.

Nantinya, dengan disertasinya ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah Kota Sawahlunto. Pertama, bagaimana menyelamatkan eksistensi bahasa kreol (buruh) Tansi dari kepunahan yang disebabkan oleh proses dekreolisasi (perkembangan bahasa kreol ke arah bahasa yang lebih menempatkan bahasa Tansi sebagai bahasa kedua bagi masyarakat penuturnya).

Kedua, mengupayakan pemertahanan bahasa Tansi melalui kehadirannya dalam ragam tulis, seperti penulisan tonil dan naskah sejarah. ?Di samping itu, untuk melakukan penelitian lebih mendalam, khususnya tentang struktur bahasa kreol Tansi dengan melibatkan para linguis dan lembaga kebahasaan,? kata Elsa yang menyelesaikan studi S-1 di Universitas Andalas dan S-2 di Universitas Negeri Jakarta itu.

Sumber: UGM.ac.id

Semua ini hanya ditemukan di Indonesia.

Cintailah Indonesia!
 



reff : http://cintailah-indonesia.blogspot.com/2011/03/tansi-bahasa-baru-dan-bahasa-kreol.html

Pabrikan Indonesia


Hello MugLover, kembali lagi sama mimin nih hehehe:p Apakabar? masih dengan keadaan yang sehat kan? jaga terus kesehatannya, guys! jangan sampai kegiatan kamu terhenti karna kesehatan yang menurun...Langsung ke TKP aja yuk....

Indonesia adalah negeri yang besar. Negara dengan penduduk terpadat ke-4 di dunia ini harusnya banyak karya dan banyak keunikan didalamnya. Tetapi jika kita lihat kondisi Indonesia sekarang. Kita terjajah. Banyak produk luar negeri yang mendominasi pasar Indonesia. Bahkan Negara Tiongkok pada tahun 2015 dalam kurun waktu 7 bulan, nilai impornya ke Indonesia mencapai 16,5 miliar dolar AS (sumber Kompas.com). sungguh nilai yang besar. Bayangkan kalau nilai impornya di belanjakan ke produk Indonesia pasti akan banyak cabang pabrik produk kita.
Sebenarnya banyak keindahan yang ada di Indonesia. Banyak karya kita yang sangat bagus kualitasnya. Bahkan tidak kalah dengan produk negara-negara maju. Budaya kita banyak. Dan banyak keunikan didalamnya.

Yuuukkkk kita lihat karya-karya anak Indonesia...

1. PT. Sri Rejeki Isman (Sritex)
Sritex merupakan pabrik tekstil terpadu yang didirikan oleh H.M Lukminto dan memiliki mensin paling modern. Banyak prestasi yang di hasilkan oleh PT. Sritex ini dengan mendapatkan rekor MURI sebanyak empat kali.Pada tahun 1995 Sritexmembuatrekor baru mengadakan upacara bendera yang diikutipaling banyak peserta. Pada tahun 2007 Sritex dibuat 3 penghargaan MURI sebagai perusahaan yang:
-Mempunyai desain lebih dari 3000motif kain
-Memproduksi seragam militer untuk 16 negara
-Paling banyak mengadakanupacara rutin dalam setahun, setiaptanggal 17.

Source : Google

2. PT.Gudang Garam Tbk
PT Gudang Garam Tbk(GG)adalah sebuah merek/perusahaanprodusenrokokpopuler asalIndonesia. Didirikan pada26 Juni1958olehSurya Wonowidjojo, perusahaan rokok ini merupakan peringkat kelima tertua dan terbesar (setelahDjarum) dalam produksirokok kretek. Perusahaan ini memiliki komplekstembakausebesar 514 are diKediri,Jawa Timur.

Source : Google
3. CV.Baretta Cemerlang
Baretta Cemerlang atau cangkirbogor adalah perusahaan industri kreatif keramik yang memproduksipecah belah sesuai keinginan pelanggan.Baik dalam bentuk keramik maupun design gambarnya.Seluruh proses dikerjakan sendiri tidak ada yang subkan (dikerjakan pada tempat lain). Sehinggatotal kontrol proses secara keseluruhan ada pada perusahaan. Baretta Cemerlang didirikan pada tahun 2004. Hinga saat ini Baretta Cemerlang telah menghasilkan berbagai jenis dan model berupa Mug, Coffee set, dan Asbak. Yuk coba dilihat apa saja yang sudah pernah dihasilkan.




Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan hubungi Marketing kami di :
Whatsapp/Line 0812-8136-3048 (Zahratunnisa)
atau BBM 537FC5D5



Thanks For Reading,
Salam,


Cangkirbogor





reff : http://www.cangkirbogor.com/2015/12/hello-muglover-kembali-lagi-sama-mimin.html