Jumat, 05 Februari 2016

Kunci Jawaban Pendidikan Lingkungan Hidup PEBI4223



No 1.
a.       Salah. Karena kegiatan pendidikan di bidang Lingkungan Hidup di luar sekolah yang dilaksanakan secara tidak terstruktur bukan pengertian Lingkungan Hidup
b.      Salah, karena kegiatan pendidikan di bidang LH di luar sekolah yang dilaksanakan secara tidak terstruktur bukan pengertian kelembagaan PLH
c.       Salah, karena kegiatan pedidikan di bidang LH di luar sekolah yang dilaksanakan secara tidak terstruktur bukan pengertian PLH formal
d.      Benar. Pendidikan mengenai lingkungan hidup yang dilakukan di luar sekolah dan tidak terstruktur merupakan pengertian dari PLH informal

No 2.
a.       Salah,karena di lapangan guru, pengajar, dan fasilitator yang berkualitas bukan termasuk dalam bidang sarana dan prasarana
b.      Salah,karena di lapangan guru, pengajar dan fasillitator yang berkualitas bukan termasuk dalam bidang metode berbasik kompetensi
c.       Benar. Guru, pengajar, dan fasilitator merupakan sumber daya manusia yang berperan dalam pelaksanaan pendidikan lingkungan hidupu (PLH) di lapangan
d.      Salah, karena di lapangan guru, pengajar, dan fasilitator yang berkualitas bukan termasuk dalam bidang sumber daya manusia


No 3.
a.       salah, karena dalam rantai makanan, kedudukan manusia tidak sama dengan elang
b.      Benar. dalam jarin makanan maupun rantai makanan, manusia bersifat omnivora sehingga jenis makanannya lebih banyak daripada elang yang bersifat carnivore
c.       salah, karena dalam rantai makanan, manusia menduduki tingkat II bukan tingkat trofik I
d.      Salah, karena dalam jaring makanan, manusia berada pada tingkat trofik II bukan tingkat trofik I

No 4.
a.       salah, karena krisis kekurangan energi, minyak, dan kerusakan lingkungan karena polusi lebih mungkin terjadi pada negara maju
b.      Benar. Hutan antara lain merupakan sumber makanan, sedangkan batu bara merupakan sumber bahan bakar. Keduanya harus dimanfatkan sebaik-baiknya.
c.       salah, karena krisis kekurangan energi, minyak, dan kerusakan lingkungan karena polusi lebih mungkin terjadi pada negara maju
d.      salah, karena krisis kekurangan energi, minyak, dan kerusakan lingkungan karena polusi lebih mungkin terjadi pada negara maju

No 5.
a.      Benar. Standar kadar maksimum senyawa dalam air tergantung dari penggunaan air tersebut sesuai degan ketentuan yang sudah dibuat
b.      Salah, karena standar kadar maksimum total kloroform dalam air yang akan digunakan untuk minu bukan 10 ppm per 100 ml
c.       Salah, karena standar kadar maksimum total kloroform dalam air yang akan digunakan untuk minu bukan 30 ppm per 100 ml
d.      Salah, karena standar kadar maksimum total kloroform dalam air yang akan digunakan untuk minu bukan 20 ppm per 100 ml

No 6.
a.       Salah. Urutan sikllus hidrologi di alam yaitu dimulai dari air yang menguap karena pemanasan atau transpirasi, kemudian terkondensasi menjadi butir-butir halus, dan akhirnya terjadi presipitasi turun sebagai hujan karena semakin berat
b.      Salah.Urutan sikllus hidrologi di alam yaitu dimulai dari air yang menguap karena pemanasan atau transpirasi, kemudian terkondensasi menjadi butir-butir halus, dan akhirnya terjadi presipitasi turun sebagai hujan karena semakin berat
c.       Benar. Urutan sikllus hidrologi di alam yaitu dimulai dari air yang menguap karena pemanasan atau transpirasi, kemudian terkondensasi menjadi butir-butir halus, dan akhirnya terjadi presipitasi turun sebagai hujan karena semakin berat
d.      Salah. Urutan sikllus hidrologi di alam yaitu dimulai dari air yang menguap karena pemanasan atau transpirasi, kemudian terkondensasi menjadi butir-butir halus, dan akhirnya terjadi presipitasi turun sebagai hujan karena semakin berat

No 7.
a.       Salah. E. coli termasuk dalam kategori organic
b.      Salah. kotoran ternak termasuk kategori organic
c.       Salah. cacing tambang dan jamur termasuk dalam kategori organic
d.      Benar. Oli dan minyak tanah merupakan bahan pencemar perairan yang termasuk dalam kategori anorganik

No 8.
a.       Salah, karena lapisan horizon organik lapisan profil tanahnya tidak memiliki ciri-ciri berwarna terang, tebal, padat, kandungan materi organik sedikit.
b.      Salah, karena lapisan horizon organik lapisan profil tanahnya tidak memiliki ciri-ciri berwarna terang, tebal, padat, kandungan materi organik sedikit.
c.       Benar. Lapisan subsoil disebut juga zona leaching dimana pada lapisan ini tertumpuk campuran materi dari apisan topsoil yang ikut terbawa arus air
d.      Salah, karena hiorizon c lapisan profil tanahnya tidak memiliki ciri-ciri berwarna terang, tebal, padat, kandungan materi organik sedikit.
No 9.
a.       Salah, ini merupakan pemanfaatan udara secara langsung oleh manusia dan hewan untuk bernapas.
b.      Benar. hewan nokturnal aktivitasnya dilakukan pada malam hari, sehingga cahaya dari udara tidak diperlukan secara langsung untuk melakukan aktivitasnya.
c.       Salah. ini merupakan pemanfaatan secara langsung oleh tanaman untuk fotosintesis
d.      Salah. ini sebagai tempat hidup sementara pada beberapa jenis jamur

No 10.
a.       Salah, karena ini bersifat egosentris
b.      Salah, karena manusia menggunakan insting, akal, dan perasaan
c.       Salah, karena insting hanya digunakan oleh hewan
d.      Benar. Manusia mempunyai kedudukan yang lebih tinggi daripada tumbuhan dan hewan sehingga dapat menguasai alam. Pandangan ekosentris dari manusia yaitu dapat mengatur hubungan alam dengannya dengan memperhatikan lingkungannya.

No 11.
a.       Salah, ini merupakan pengendalian pencemaran yang bersifat input
b.      Benar. Pengendalian pencemaran udaara yang bersifat output anatara lain dengan cara memperbaiki kadar limbah yang dihasilkan misalnya dengan menggunakan saringan atau menggunakan alat tambahan pada mesin mobil sehingga pembakaran menjadi sempurna
c.       salah, ini merupakan pengendalian pencemaran yang bersifat input
d.      salah, ini merupakan pengendalian pencemaran yang bersifat input

No 12.
a.       Salah.
b.      Salah.
c.       Salah.
d.      Benar

No 13.
a.       Salah, ini merupakan contoh pencapaian tujuan koefisiensi
b.      Salah, ni merupakan contoh pencapaian tujuan koefisiensi
c.       Benar. memuka lahan baru untuk pemukiman merupakan salah satu hal yang tidak terdapat dalam tujuan ekoefisiensi
d.      Salah, ini merupakan contoh pencapaian tujuan koefisiensi

No 14.
a.       Salah.Prinsip ekoefisiensi dalam suatu perusahaan diataranya adalah meningkatkan kualitas, menekan biaya produksi, mengurangi jumlah pekerjaan, dan menghemat biaya produksi.
b.      Salah.Prinsip ekoefisiensi dalam suatu perusahaan diataranya adalah meningkatkan kualitas, menekan biaya produksi, mengurangi jumlah pekerjaan, dan menghemat biaya produksi.
c.       Salah.Prinsip ekoefisiensi dalam suatu perusahaan diataranya adalah meningkatkan kualitas, menekan biaya produksi, mengurangi jumlah pekerjaan, dan menghemat biaya produksi.
d.      Benar. Prinsip ekoefisiensi dalam suatu perusahaan diataranya adalah meningkatkan kualitas, menekan biaya produksi, mengurangi jumlah pekerjaan, dan menghemat biaya produksi.

No 15.
a.       Salah, ini merupakan rambu-rambu dalam membuat LKS
b.      Benar. Dalam membuat suatu LKS urutan komponennya harus disusun secara sistematis dan sama
c.       Salah, ini merupakan rambu-rambu dalam membuat LKS
d.      Salah, ini merupakan rambu-rambu dalam membuat LKS

No 16.
a.       Salah, ini merupakan dampak globalisasi pada jaringan informasi
b.      Salah, ini merupakan dampak globalisasi pada jaringan informasi
c.       Salah, ini merupakan dampak globalisasi pada jaringan informasi
d.      Benar. Pengeksporan tenaga kerja Indonesia ke negara maju merupakan globalisasi tenaga kerja / bidang pekerjaan bukan informasi

No 17.
Jawaban 1 dan 3 benar. Gunung api meletus merupakan fenomena alam yang tidak dapat dihindarkan atau dipengaruhi oleh aktivitas manusia.

No 18.
Jawaban 2 dan 3 benar. Jaringan Pendidikan Lingkungan pertama dibentuk pada tahun 1996/1997, dan GBPP bidang lingkungan hidup untuk pendidikan dasar pertamanya disusun oleh UNJ.

No 19.
Jawaban 1 dan 2 benar. Disusunnya GBPP bidang LH untuk pendidikan dasar terjadi pada perioda persiapan dan peletakan dasar, bukan pada saat sosialisasi.

No 20.
Jawaban 1 dan 2 benar. Bertambah banyak berdirinya pusat studi kependudukan dan lingkungan di Indonesia menunjukkan berkembangnya pelaksanaan PLH, bukan merupakan kendala.

No 21.
1,2 dan 3 benar. Sumber daya alam yang terbaharui merupakan matei yang ketersediaannya tidak terbatas, dapat didaur ulang dan dapat menjadi sumber daya alam yang tidak terbaharui jika penggunaannya lebih cepat daripada kemampuannya untuk diperbaharui atau mendapat tekanan lingkungan yang sangat ekstrim.

No 22.
1 dan 2 benar. Emas murni dan fosil tidak dapat diperbaharui jika penggunaannya dilakukan terus menerus tanpa batas.

No 23.
2 dan 3 benar. Aliran energi maupun materi terjadi melalui aktivitas makan memakan pada rantai makanan dan jaring makanan.

No 24.
1, 2 dan 3 benar. Hubungan manusia dengan sumber daya alam dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan populasi dan kultur atau budaya masyarakatnya.

No 25.
1, 2 dan 3 benar. Penggundulan hutan, reboisasi daerah yang rusak, maupun pembukaanpemukiman pada daerah resapan air merupakan hubungan antara manusia dengan sumber daya alam baik.

No 26.
2 dan 3 benar. Pengolahan limbah cair yang dihasilkan dari pabrik farmasi memerlukan cara pengolahan yang memerlukan teknik khusus dan biaya yang cukup tinggi.

No 27.
1 dan 3 benar. Jumlah es (air beku) di alam lebih banyak daripada air tawar yang terdapat di danau, sungai atau air tanah.

No 28.
2 dan 3 benar. Membuat kolam penampungan air buangan rumah tangga untuk diolah bukan merupakan perilaku masyarakat untuk mengolah pencemaran karena menentukan penanganan yang lebih khusus.

 No 29.
1 dan 2 benar. Sebetulnya air termasuk bahan komposisi tanah tetapi prosentasenya bukan yang terbesar.

No 30.
1 dan 3 benar. Nitrogen di alam tidak dapat dimanfaatkan secara langsung oelh tumbuhan maupun hewan, tetapi dengan adanya siklus nitrogen di alam maka nitrogen akan berada dalam bentuk yang sesuai seperti yang dibutuhkan.

No 31.
1 dan 3 benar. Menurut Budiharjo, loksi pemukiman yang baik ditinjau dari tataguna tanahnya yaitu bukan daerah persawahan dan perkebunan yang baik, serta bukan daerah resapan air tanah, penampun air hujan, dan penahan air laut.

No 32.
2 dan 3 benar. Tanaman penutup lahan yang digunakan pada taah pertanian konservasi umumnya jenis kacang-kacangan yang cepat tumbuh dan merambat yang sifatnya antara lain memperlambat aliran permukaan, meningkatkan kelembaban tanah, dan sebagai sumber unsur hara.

No 33.
1, 2 dan 3 benar. Manusia memanfaatkan atmosfer sebagai media llingkungan berupa sumber udara pernapasan, tempat buangan limbah gas yang dapaat mempengaruhi kesehatan, dan uap airnya dapat menentukan perubahan cuaca.

No 34.
1, 2 dan 3 benar. Benda partikulat disebut asam atau jelaga yang mudah terasa, dan yang paling berbahaya adalah partikel halusnya yan gdapat menembus bagian terdalam paru-paru. Partikel ini terbentuk dengan pencemar lain terutama SO2dan NO yang berubah menjadi sulfat dan nitrat.

No 35.
2 dan 3 benar . Berkurangnya tanaman di bumi akan menyebabkan konsentrasi CO2di udara menjadi tinggi sehingga akanterjadi pemanasan global. Akibatnya es-es di puncak gunung mencair dan mengalir ke daerah rendah hingga ke laut yang menyebabkan permukaannya naik.

No 36.
1 dan 2 benar. Pencemaran udara dapaat menyebabkan penyakit pada pernapasan , kanker kuit, leukemia, selaput mata dsb.

No 37.
1, 2 dan 3 benar.

No 38.
1 dan 3 benar. Pada pola kurva J, pertumbuhan populasi tidak dapat berlangsung terus jika sumber daya alam terbatas.

No 39.
2 dan 3 benar. Dinamika populasi penduduk ditinjau dari kualitas diantaranya menjaga kelestarian alam dan mempunyai tempat tinggal yang nyaman, sementara pemindahan penduduk berkaitan denan jumlah atau kuantitas.

No 40.
1 dan 2 benar. berdasarkan perubahan dalam perkembangan pola hidup dan kebudayaan serta tingkat pertumbuhan populasinya, masyarakat petani cendrung menggunakan energi banyak dalam aktivitasnya serta mulai banyak yang berpindah ke daerah perkotaan.

No 41.
1, 2 dan 3 benar. Kerusakan lingkungan dilihat secara matematis adalah sebagai berikut:

 Kerusakan lingkungan = -------------------- x konsumsi perkapita.

No 42.
1 dan 3 benar. Teori antroposentrisme dalam etika lingkungan menitik beratkan penguasan alam oleh manusia sehingga alam merupakan objek bagi manusia.

No 43.
2 dan 3 benar. Pada teori biosntrisme masyarakat cenderung menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan antara lain denantidak membuang limbah ke dalam sungai dan membuka daerah cagar alam.

No 44.
2 dan 3 benar. Menurut Muller alam dan sumber dayanya merupakan hak milik semua organisme termasuk manusia dan terbatas, oleh karena itu manusia berkewajiban untuk mengkonservasi dan memperbaharuinya.

No 45.
1, 2 dan 3 benar. Pilar pembangaunan yang berkelanjutan yang berpihak pada rakyat miskin mencakup berbagai kebutuhan dasar yang dapaat dinilai dengan IKM dan IPM diantaranya harapan hidup, tingkat pendidikan dan penghasilan.

No 46.
1 dan 2 benar. Di Indonesia terdapat keterbatasan pekerjaan sehingga denan makin tingginya populasimanusianya dengansegala kebuhannya, maka semakin tinggi pedagang yang tidak mempunyai tempat tetap. Selain itu semakin banyak pula lahan dan hutan yang dibuka untuk pemukiman dan memenuhi kebutuhan hidup.

No 47.
1 dan 2 benar. Untuk memecahkan masalah dalam pelaksanaan pembelajaran PLH/PPB, keputusan harus dibuat sesuai dengan aturan.

No 48.
1, 2 dan 3 benar. Denan adanya globalisasi, terdapat banyak perkembangan di berbagai bidang, misalnya bidang penjualan makanan, perkembanganilmu pengetahuan, dan masuknya kebudayaan baru.

No 49.
2 dan 3 benar. Menurut globalis pesimis, globalisasi adalah sebuah fenomena negatif karena merupakan suatu penjajahan barat dalam sejumlah bentuk budaya dan konsumsi yang homogen.

No 50.
1 dan 3 benar. Dampak yang kurang baik dengan adanya globalisasi antara lain adanya sistem perdagangan luar negeri yang bebas, sehingga negara berkembang tidak dapat menggunakan tarif yang tinggi.




reff : http://unnie-three.blogspot.com/2013/05/kunci-jawaban-pendidikan-lingkungan.html

17 TIPS MEMPERKUAT INGATAN


17 TIPS MEMPERKUAT INGATAN
Adakah anda sering lupa? Kemungkinan kemampuan otak anda untuk mengingat sudah mulai menurun. Sebenarnya, lupa adalah proses permulaan mengingat sesuatu. Perlu anda ketahui, kemampuan daya ingat manusia umumnya terbahagi kepada tiga peringkat iaitu mengingat, merekam, dan mendapatkan kembali. Tapi, adakah daya ingatan boleh ditingkatkan ? Bagaimana caranya?
1.      Sentiasa mengingati Allah
Yang paling penting ialah ingat Allah s.w.t. sentiasa dengan berzikir. Daya ingatan akan bertambah kukuh sekiranya tidak sesaat pun kita lupa kepadaNYA.         
2.      Mengamalkan puasa
Amalan berpuasa sunat juga baik kerana puasa juga boleh menajamkan minda.
3.      Berdoa
Berdoalah kepada Allah s.w.t. agar anda diberikan kekuatan daya ingatan, hati yang tenang, dan minda yang cerdas.
4.      Membaca dan menghafal Al-Quran
Sekiranya anda seorang Muslim, amalkan membaca Al-Quran walau sehelai muka surat setiap hari. Membaca Al-Quran dapat menerang jiwa, menenangkan perasaan dan menajamkan daya ingatan dengan lebih baik.
5.      Relaksasi secara teratur
Salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan ingatan adalah berusaha mengendorkan ketegangan seluruh otot tubuh sebelum mempelajari sesuatu yang baru. Mengikut kajian, relaksasi otot dapat mengurangkan kecemasan yang sering dirasakan seseorang ketika berusaha mempelajari hal baru.
6.      Tidur nyenyak
Tidur malam yang nyenyak, sangat baik untuk ingatan anda. Penelitian menunjukkan, orang yang terbangun ketika sedang bermimpi tidak mampu mengolah memori dari hari sebelumnya. Jadi, ia mudah lupa.
7.      Istirahat cukup
Istirahat yang cukup amat penting supaya otak berfungsi secara maksimum, otak memerlukankan istirahat untuk mengendapkan dan mengkonsolidasikan ingatan. Istirahat yang diperlukankan otak bervariasi, bergantung pada kerumitan dan kebaruan informasi, serta pengalaman orang yang bersangkutan. Cara yang baik adalah memberi waktu istirahat otak 3 hingga 10 minit setelah otak beraktiviti selama 10 hingga 50 minit.
8.      Kembangkan sikap mental positif
Gantilah setiap sikap mental negatif atau kritik terhadap diri sendiri menjadi sikap yang positif, kerana hal itu akan menimbulkan rasa keyakinan diri yang berpengaruh positif terhadap daya ingat.
9.      Fokus
Daya ingatan dapat dilancarkan sekiranya anda sering fokus dalam sesuatu, contohnya matlamat hidup. Anda juga dapat belajar fokus dengan menumpukan fikiran anda pada sesuatu perkara dan mencatatkan apa yang anda fikirkan. Fokuskanlah segenap perhatian terhadap hal-hal yang penting di dalam memori anda bila anda sedang beristirahat dan rileks. Kalau anda mencuba mengingat sesuatu pada saat anda sedang lelah, maka besar kemungkinan anda akan kecewa.
10.  Libatkan emosi
Peningkatan ingatan tentang suatu kejadian terkait erat dengan peningkatan emosi. Pengalaman yang melibatkan emosi akan lebih mudah diingat daripada pengalaman biasa.
11.  Kembangkan ketajaman indera
Cubalah praktikkan ketrampilan pengamatan dan belajar memperhatikan sesuatu dengan menggunakan seluruh indera kita terutamanya penglihatan dan pendengaran. Jika ingin mengingat sesuatu, berhentilah sejenak, perhatikan dan catat apa yang ingin kita lihat dan dengar.
12.  Berbicara sendiri
Kita juga boleh berbicara sendiri tentang sesuatu yang kita rencanakan. Misalnya, ?Saya harus membeli susu dalam perjalanan pulang nanti.? Juga tentang sesuatu yang telah kita lakukan. Misalnya, ?Saya telah mengunci pintu.? Mungkin kedengarannya agak pelik, tapi terbukti sangat efektif. Di sini telinga kita menguatkan ingatan kita. Tapi ingat, mengucapkannya tidak perlu secara kuat supaya tidak menimbulkan pertanyaan di benak orang.
13.  Menata fikiran
Membentuk urutan informasi (mengelompokkan informasi) akan membuat sesuatu lebih mudah diingat. Ini juga akan mempermudah otak untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari dan diketahui.
14.  Bayangkan dan kaitkan
Jika anda sulit mengingat nama, cubalah membayangkan. Kaitkan nama orang dengan suatu idea, simbol, orang, benda atau perbuatan, kemudian buat gambaran mental benda itu. Untuk mengingat nama Neil, misalnya, bayangkan orang yang sedang mengail. Pembentukan irama juga dapat memperkuat hubungan. Jika Larry memilki janggut, cubalah mengingatnya sebagai ?Hairy Larry.?
15.  Peta minda
Peta minda merupakan kaedah yang berkesan untuk mendapatkan unuk mendapatkan maklumat daripda ingatan untuk ditukarkan menjadi bentuk yang boleh dilihat. Ada juga yang mengatakan bahawa penggunaan peta minda akan menambahkan perseimbangan otak kiri dan otak kanan kerana prta minda merangkumi semua aspek bahasa, analitis, reka bentuk, matematik, deria, dan sebagainya dalam usaha keseluruhan.
16.  Katakan berulang kali
Untuk meningkat ingatan anda tentang sesuatu maklumat atau tarikh, katakan dengan kuat dan berulang kali sehingga anda benar-benar ingat akan maklumat tersebut. Bila kita membaca sesuatu, yang dapat kita ingat hanya sekitar 20%. Dengan mengulangi pembacaan keesokan harinya, lalu minggu berikutnya, sebagian besar informasi yang kita baca akan kita ingat.
17.  Mendengar muzik klasik
Menurut Dr. Frances Ranscher dan Dr. Gordon Show, peneliti dari Universiti California, AS, orang yang sering mendengarkan muzik klasik akan mengalami peningkatan kemampuan penalaran. Menurut penulis The Mozart Effect, Don Campbell, mendengarkan muzik klasik juga akan membantu ingatan dan pembelajaran.





reff : http://pengolonganbahasa.blogspot.com/2013/06/17-tips-memperkuat-ingatan.html