Senin, 16 November 2015

Membuat Pengalih Daya Otomatis (ATS) 1 Fasa

          Pertama-tama perkenankan penulis mengucapkan selamat menyambut datangnya bulan ramadhan 1436 H bagi umat muslim yang tentunya wajib menjalankan ibadah puasa tersebut. Selanjutnya pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang panel pengalih daya dari sumber listrik utama (PLN) ke sumber listrik cadangan (Genset) atau sebaliknya secara otomatis, yang biasa disebut ATS (automatic transfer switch) pada saat sumber listrik utama dari  PLN mengalami pemadaman.
          Di pasaran telah dijual panel ATS yang sudah jadi, tentunya dengan berbagai model, kwalitas, fasilitas dan harga, bahkan ada yang dilengkapi dengan AMF. Semakain lengkap fasilitas dan semakin baik kwalitasnya tentu saja harganya semakin mahal. Nah untuk itu tidak ada salahnya kalau sobat blogger bisa membuat atau merakit sendiri panel ATS sederhana tapi dengan kwalitas yang tidak diragukan lagi.
          Panel ATS sederhana ini diperuntukan untuk menjaga pasokan sumber listrik bagi rumah atau gedung perkantoran yang menggunakan sumber listrik 1 fasa, mengingat sampai dengan detik ini pasokan sumber listrik dari PLN belum bisa diandalkan, karena seringnya terjadi pemdaman, yang tentunya sangat mengganggu kelangsungan pasokan sumber listrik. Tetapi tidak menutup kemungkinan panel ATS ini untuk digunakan pada rumah/gedung yang menggunakan sumber listrik 3 fasa yang tentunya dengan merubah pengawatannya. Panel ATS 1 fasa ini sangat sedrhana hanya terdiri dari beberapa komponen antara lain yaitu :
-          MCB 1 fasa sebanyak 2 buah
-          Tmer (TDR) sebanyak 1 buah
-          Relay AC sebanyak 1 buah
-          Kontaktor magnet sebanyak 2 buah

Untuk lebih jelasnya sobat blogger bisa melihat skema diagram berikut dibawah ini.

*)kilk gambar untuk memperbesar dimensi

Gambar 1. Digaram kontrol panel ATS 1 fasa

Gambar 2. Diagram daya (pengawatan) panel ATS 1 fasa


Gambar 3. Komponen-komponen panel ATS 1 fasa yang telah dirakit


reff : http://margionoabdil.blogspot.com/2015/06/membuat-pengalih-daya-otomayis-ats.html


Video yang berkaitan dengan Membuat Pengalih Daya Otomatis (ATS) 1 Fasa


0 comments:

Posting Komentar