Selasa, 08 Maret 2016

Pengaruh PH terhadap Aktivitas Enzim



Glukosa diperoleh dari pencernaan karbohidrat atau dari perubahan monosakarisda galaktosa dan fruktosa didalam hati atau dari pemecahan glikogen di dalam ati dan otot. Ini dibawa oleh sistem peredaran darah ke sel-sel yang membutuhkan. Metabolism selalu membutuhkan enzim untuk membantu reaksi-reaksi yang terjadi. Kadang-kadang enzim mebutuhkan pembantu berupa koenzim. Enzim adalah protein khusus yang berperan
sebagai katalisator dalam reaksi kimia, tetapi tidak mengalami perubahan selama proses berlangsung. Koenzim adalah zat organikbukan protein yang membantu aktivitas enzim. Banyak koenzim yang baian tubuhnya terdiri atas vitamin B          (Almatsier, 2004).
Enzim dapat ditermukan baik pada hewan maupun pada tumbuhan. Salah satu enzim yang terdapat pada tumbuhan adalah amilase. Nama lain dari amilase adalah diastase. Enzim tersebut dapat menghidrolisis amilum menjadi gula. Amilase dihasilkan oleh daun atau biji yang sedang berkecambah. Aktivitas amilase dipengaruhi oleh garam-garam organik, pH, suhu dan cahaya. pH optimum dari amilase menurut Hopkins, Cole dan Green (Miller, 1983) adalah 4,5-4,7 (Tim Pengajar, 2012).
Suatu kelompok dari partikel molekul yang  penting bagi semua organisme adalah sebuah protein kompleks besar bernama enzim. Untuk setiam reakasi kimia penting yang terjadi di dalam sel hidup, ada enzim tertentu yang memungkinkan percepatan reaksi. Tanpa enzim, rekasi kimia tersebut tidak akan bisa berjalan dengan cepat pada suhu normal (McElroy, 1968).
Banyak reaksi enzim, dimana substrat terikat di sisi aktiv yang disebut interaksi lemah, seperti ikatan hydrogen dan ikatan ion. Kelompok R dari sebagian asam amino yang membuat sisi aktiv katalis konversi sustrat menjai produk. Enzim bebas untuk mengambil substrat lain ke dalam sisi aktivnya (Campbell, 2010).




reff : http://bioclover.blogspot.com/2012/12/pengaruh-ph-terhadap-aktivitas-enzim.html


Video yang berkaitan dengan Pengaruh PH terhadap Aktivitas Enzim


0 comments:

Posting Komentar