Selasa, 19 Januari 2016

Saat sebelum jadi pembuat wayang golek, Entang Sutisna pernah bekerja di Korem 061 Suryakencana.

Kemahirannya bikin wayang golek bikin Entang Sutisna demikian di kenal juga sebagai salah satu tokoh pembuat wayang golek dari Kota Bogor. Namanya mulai di kenal saat Mendiang Bekas Presiden Soeharto serta Ibu Tien Soeharto dengan cara spesial pesan 1 set wayang golek yang diisi 120 wayang pada pensiunan Korem 061 Suryakencana ini.

Saat sebelum jadi pembuat wayang golek, Entang Sutisna pernah bekerja di Korem 061 Suryakencana. Entang sendiri awal mulanya bikin wayang cuma untuk menyalurkan hobynya saja, tetapi sesudah pensiun di th. 1970, Entang mulai serius tekuni hobynya bikin beragam tokoh wayang golek.

Kepercayaan Entang Sutisna juga sebagai pembuat wayang makin menguat saat pada th. 1972 Mendiang Bekas Presiden Soeharto beserta Ibu Tien Soeharto dengan cara spesial berkunjung ke tempat tinggalnya serta pesan wayang sejumlah 120 buah. Waktu itu, Entang jual lampion wayangnya dengan harga unit Rp1. 000. Dari sinilah Entang konsentrasi untuk jadi pembuat wayang golek.

Ketrampilan Entang Sutisna dalam bikin wayang golek nyatanya juga alami penurunan pada anak-anaknya. Satu diantaranya ke anak pertamanya yang bernama Endai. Endai bukan sekedar mewarisi ketrampilan sang bapak dalam bikin wayang, tetapi juga menolong pemasaran wayang golek buatan sang bapak sampai ke pasar luar negeri.

Jadi wayang golek buatan Entang Sutisna juga mulai di jual lewat cara direct selling. beragam langkah dikerjakan, dari mulai berkeliling serta promosi ke tiap-tiap turis yang didapati sampai meminta pertolongan pemandu wisata untuk mengenalkan wayang golek pada tiap-tiap wisatawan asing.

Konsumen yang beberapa besar datang dari negara Eropa seperti Jerman, Belanda, serta Belgia, ini umumnya beli dengan datang segera ke rumah Entang yang juga jadikan juga sebagai tempat produksi.

Entang sendiri dalam sebulan bisa menghasilkan seputar 40 wayang golek. Dalam bikin wayang-wayang ini, dia dibantu dengan 8 pekerjanya. Sekarang ini, Keluarga Entang sudah mempunyai bengkel wayang golek yang dinamakan Media Art & Handycraft yang berlokasi di Jalan Pupusgalih No. 58, Loji, Bogor.

Dalam pembuatan wayang golek ini, Entang Sutisna umumnya pilih memakai kayu dari pohon puley. Dipilihnya kayu type ini, lantaran pohon puley juga sebagai bahan paling utama pembuatan wayang terdapat banyak di lokasi Bogor. Diluar itu, batang pohon puley juga condong lebih lunak serta gampang dibuat. Kayu type ini dapat populer enteng serta kuat.

Entang Sutisna sendiri mengakui sangatlah tertarik pada wayang golek karena kegemarannya melihat pertunjukan wayang di seputar daerah tempatnya tinggal. Menurut ayah yang dapat bikin 120 ciri-ciri wayang ini, dulu setiap saat ada pertunjukan wayang, dianya tak pernah ketinggalan untuk melihat.



reff : http://kampunglo.blogspot.com/2015/08/saat-sebelum-jadi-pembuat-wayang-golek.html


Video yang berkaitan dengan Saat sebelum jadi pembuat wayang golek, Entang Sutisna pernah bekerja di Korem 061 Suryakencana.


0 comments:

Posting Komentar